SISTEM REGISTRI NASIONAL
PENGENDALIAN PERUBAHAN IKLIM

Sistem Registri Nasional Pengendalian Perubahan Iklim atau SRN merupakan sistem pengelolaan dan penyediaan data dan informasi berbasis web tentang aksi dan sumber daya untuk Adaptasi dan Mitigasi perubahan iklim di Indonesia.

Daftarkan kegiatan anda sebagai bentuk kontribusi dalam upaya meningkatkan ketahanan nasional dan mencegah kenaikan suhu bumi tidak lebih dari 2° C.

chart1
chart6
chart3
 
 
chart2
chart7
chart8
image

Tentang SRN

Penanganan perubahan iklim di Indonesia memerlukan dukungan pendataan dan informasi yang akurat, termuktahir, terintegrasi dan komprehensif. Sistem Registri Nasional dikembangkan sebagai aplikasi pengelolaan data aksi perubahan iklim berbasis web yang mampu mewadahi maupun melakukan penelusuran data numerik, spasial dan administrasi yang dalam taraf tertentu mampu mendukung target-target pencapaian aksi pengendalian perubahan iklim di Indonesia.

Sistem Registri Nasional dikembangkan dengan tujuan :

Pendataan

Pendataan aksi dan sumber daya Adaptasi dan Mitigasi perubahan iklim di Indonesia.

Kontribusi para Pihak

Pengakuan pemerintah atas kontribusi berbagai pihak terhadap upaya pengendalian perubahan iklim di Indonesia.

Informasi Publik

Penyediaan data dan informasi kepada publik tentang aksi dan sumber daya Adaptasi dan Mitigasi serta capaiannya.

Clarity, Transparency, Understanding

Menghindari penghitungan ganda (double counting) terhadap aksi dan sumber daya Adaptasi dan Mitigasi sebagai bagian pelaksanaan prinsip clarity, transparency dan understanding (CTU).

Daftarkan Aksi Anda

Daftarkan kegiatan anda sebagai bentuk kontribusi dalam upaya meningkatkan ketahanan nasional dan mencegah kenaikan suhu bumi tidak lebih dari 2° C.

Panduan Pendaftaran dan
Pertanyaan yang Sering Diutarakan

Kami berusaha menyajikan tahapan-tahapan dengan singkat dan sederhana. Sebelum mendaftar, silahkan kunjungi panduan tata cara pendaftaran dan pertanyaan yang sering digunakan.

DJPPI - KLHK

Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim (DJPPI) adalah salah satu unit kerja Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang menangani perubahan iklim khususnya dalam penyelenggaraan mitigasi, adaptasi, penurunan emisi gas rumah kaca, penurunan dan penghapusan bahan perusak ozon, mobilisasi sumber daya, inventarisasi gas rumah kaca, monitoring, pelaporan dan verifikasi aksi mitigasi perubahan iklim serta pengendalian kebakaran hutan dan lahan. Dengan dibentuknya DJPPI, menjadi harapan baru bagi implementasi kegiatan pengendalian perubahan iklim yang terkelola dengan baik dalam mendukung tujuan pembangunan bidang lingkungan hidup dan kehutanan.