• 0

    Tentang
    Knowledge Centre Perubahan Iklim
    Indonesia Climate Innovation in Action
    KCPI - IC ICan

Apa Itu Knowledge Centre

Peningkatan konsentrasi gas rumah kaca di atmosfer bumi menyebabkan peningkatan suhu bumi yang berdampak pada perubahan iklim global. Hal ini mengakibatkan sejumlah permasalahan lingkungan dan cuaca ekstrim yang berakibat pada terjadinya bencana alam seperti longsor, kebakaran hutan, kekeringan, dan gagal panen di berbagai daerah di Indonesia. Perubahan iklim juga mengancam kehidupan masyarakat pantai karena pemanasan global menyebabkan abrasi dan intrusi air laut. Dampak perubahan iklim mempengaruhi kehidupan perekonomian, mengancam kestabilan ekosistem dan memperpendek usia infrastruktur yang mendukung kehidupan masyarakat.

Penelitian menyimpulkan bahwa manusia adalah subjek penyebab peningkatan gas rumah kaca sekaligus penderita akibat dari perubahan iklim. Akan tetapi, mayoritas manusia tidak menyadari hal ini. Sehingga terus-menerus melakukan tindakan yang memproduksi gas rumah kaca dan menyebabkan kenaikan suhu bumi. Untuk itu dibutuhkan suatu media informasi untuk menyadarkan masayarakat tentang posisinya dalam pemanasan dan perubahan iklim.

Sebagai National Focal Point Pengendalian Perubahan Iklim di Indonesia, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim membuat suatu wadah pengetahuan untuk masyarakat luas di Indonesia. Wadah ini dikemas dalam bentuk Knowledge Centre yang berisi pengetahuan tentang penyebab, dampak dan potensi perubahan iklim di Indonesia.

Kelompok sasaran pembangunan website KCPI - IC ICan ditujukan untuk masyarakat umum sehingga format penyajian data dan informasi dibuat dalam narasi sederhana yang disertai dengan tampilan infografis, video, animasi dan peta. Di antaranya adalah pengertian perubahan iklim, dampak-dampak perubahan iklim, respons dunia terhadap perubahan iklim beserta reaksi dan tindakannya, peran Indonesia dalam isu perubahan iklim dan informasi terkait hal-hal apa saja yang bisa dilakukan oleh masyarakat untuk berpartisipasi menurunkan suhu bumi dan mengendalikan perubahan iklim.

Tujuan pembangunan Knowledge Centre adalah memberikan edukasi masyarakat tentang perubahan iklim dan meningkatkan peran aktif dalam aksi nyata pengendalian perubahan iklim.

Feedback

Nama Lengkap:*
E-mail:
Topik:
Isi

Kumpulan video tentang dampak, penyebab dan pengertian maupun analisa ilmiah tentang perubahan iklim.

Koleksi dokumen publikasi, kliping dan lainya dari berbagai sumber terkait perubahan iklim.

Kontak informasi pegiat - pegiat yang terlibat dalam aksi - aksi perubahan iklim di atas lahan di Indonesia.

Daftar Istilah dan singkatan terkait perubahan iklim yang dihimpun dari berbagai sumber ilmiah dan ranah hukum.

Kumpulan infografis - Meme - Komik tentang dampak, penyebab dan pengertian maupun analisa ilmiah tentang perubahan iklim.