• 0

    Inovasi

    Selain upaya-upaya Mitigasi, Adaptasi dan berbagai kegiatan pendukung yang secara umum telah dilakukan, terdapat berbagai inisiatif dan pengenalan hal-hal baru yang dilakukan berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah, swasta, ataupun kelompok masyarakat sipil yang inovatif dalam memanfaatkan berbagai potensi yang ada.

Rumah Tangga Hemat Energi

Produksi energi di Indonesia semakin meningkat seiring dengan peningkatan jumlah permintaan terhadap energi. Tidak hanya sektor industri yang membutuhkan energi dalam jumlah besar, tapi juga rumah tangga. Padahal, di Indonesia, produksi energi masih menggunakan bahan bakar batu bara.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa batubara ketika dipanaskan akan berubah menjadi karbon yang merupakan salah satu jenis gas rumah kaca yang jumlahnya paling besar di atmosfer bumi. Kondisi ini memang ironis, di tengah upaya dunia untuk menurunkan jumlah gas rumah kaca di atmosfer bumi, permintaan masyarakat terhadap energi semakin membesar dan semakin menambah jumlah emisi gas rumah kaca di atmosfer bumi.

Sekalipun produksi energi adalah penyumbang gas rumah kaca paling besar, Pemerintah tidak dapat memberhentikan produksi energi karena energi berhubungan langsung dengan aktifitas manusia. Tapi dalam perkara ini ada hal yang dapat dilakukan oleh masyarakat, yaitu menghemat penggunaan energi.

Ayo Bijak Manfaatkan listrik

Salah satu energi yang dapat dihemat dengan hasil yang signifikan untuk membantu pengurangan gas rumah kaca adalah energi listrik.

Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk menghemat energi listrik, yaitu :
  1. Menyambung daya listrik dari PLN sesuai dengan kebutuhan. Misal untuk rumah tangga kecil yang membutuhkan daya listrik sedikit, cukup dengan menyambung listrik berdaya 450 VA atau 900 VA. Sedangkan untuk rumah tangga sedang cukup menyambung 900 - 1300 VA.
  2. Tidak berlebihan membeli dan menggunakan prabot elektronik dengan memakai listrik sesuai kebituhan, caranya:
    • Membeli barang elektronik sesuai kebutuhan, misal memlih lemari es dengan ukuran yang sesuai
    • Mengatur suhu lemari es, pendingin ruangan dan barrant elektronik lainnya sesuai kebutuhan
    • Gunakan barang-barang elektronik hemat energi termasuk lampu hemat energi
  3. Efektif mengunakan listrik, caranya :
    • Menyalakan alat-alat listrik hanya saat diperlukan dan mematikan barang-barang elektronik yang tidak digunakan. Misal, jangan nyalakan televisi pada saat tidak ditonton
    • Hindari penggunaan listrik secara bersamaan
    • Lebih utamakan untuk membuka jendela agar ada sirkulasi udara daripada menggunakan pendingin ruangan di pagi dan siang hari
    • Membeli tangki penampungan air untuk menghemat penggunaan pompa air listrik
    • Mencabut aliran listrik pada barang-barang elektronik yang sudah penuh daya listriknya
    • Ganti keran yang bocor
Sumber : http://www.menlh.go.id/kiat-menghemat-energi-listrik-di-rumah-tangga/

Kumpulan video tentang dampak, penyebab dan pengertian maupun analisa ilmiah tentang perubahan iklim.

Koleksi dokumen publikasi, kliping dan lainya dari berbagai sumber terkait perubahan iklim.

Kontak informasi pegiat - pegiat yang terlibat dalam aksi - aksi perubahan iklim di atas lahan di Indonesia.

Daftar Istilah dan singkatan terkait perubahan iklim yang dihimpun dari berbagai sumber ilmiah dan ranah hukum.

Kumpulan infografis - Meme - Komik tentang dampak, penyebab dan pengertian maupun analisa ilmiah tentang perubahan iklim.