• 0

    Inovasi

    Selain upaya-upaya Mitigasi, Adaptasi dan berbagai kegiatan pendukung yang secara umum telah dilakukan, terdapat berbagai inisiatif dan pengenalan hal-hal baru yang dilakukan berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah, swasta, ataupun kelompok masyarakat sipil yang inovatif dalam memanfaatkan berbagai potensi yang ada.

Menanam Tanaman tanpa Lahan yang Luas

Kota Jakarta merupakan salah satu kota yang kekurangan ruang terbuka hijau. Hal ini disebabkan padatnya gedung-gedung baik rumah maupun perkantoran, sehingga hampir tidak ada lagi ruang kosong yang dapat dimanfaatkan untuk menanam tanaman hijau. Parahnya, kota besar seperti Jakarta adalah memproduksi gas rumah kaca dalam jumlah sangat besar.

Jarangnya tumbuhan hijau membuat minimnya penyerapan gas rumah kaca di kota besar. Sehingga gas rumah kaca yang dihasilkan langsung terbuang dan berkumpul di atmosfer yang menambah lagi lapisan gas rumah kaca yang semakin membuat temperatur bumi meningkat.

Metode hidroponik bisa dijadikan jawaban untuk masalah ini. Pertanian hidroponik adalah metode tanam yang tidak menggunakan tanah sebagai media tanam melainkan media-media alternatif seperti arang, sekam, spons bahkan udara. Nutrisi untuk makanan bagi tanaman yang didapat dari ganha pada metode tama konvensional digantikan dengan memberi nutrisi untuk tanaman melalui media air yang sudah ditambahkan nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan tanaman.

Sumber : https://indonesiana.tempo.co/read/89742/2016/09/21/mengetahui-apa-itu-tanaman-hidroponik

Untuk menerapkan metode tanam hidroponik, kita hanya membutuhkan rockwool untuk penyemaian bibit yang dapat dibeli di toko pertanian. Lalu, media tanam dapat menggunakan sekam bakar, sabuk kelapa dan bahan-bahan lain yang sifatnya lembab.

Metode tanam ini lebih mudah dibandingkan dengan pola tanam konvensional. Selain itu tidak membutuhkan lahan yang luas sehingga bisa dilakukan di pekarangan rumah dengan lahan terbatas dan juga hemat air. Metode tanam ini pun membuat tanaman bisa tumbuh di mana saja dan kapan saja karena tidak tegantung pada tanah dan musim. Dengan hidroponik, masyarakat dapat memanfaatkan atap bangunan untuk lahan pertanian. Kegiatan pertanian dengan metode ini dapat membantu menyerap gas rumah kaca yang telepas ke udara di daerah perkotaan untuk mereduksi jumlah gas rumah kaca yang telepas ke udara.

Cara Menanam Bawang Merah dengan Hidroponik, Sumber: Rumah Hidroponik Bertha Suranto
Sumber :
  • http://nationalgeographic.co.id/berita/2014/09/tanaman-hidroponik-bukanlah-organik-dan-bisa-jadi-sarat-bahan-kima
  • http://www.mongabay.co.id/2016/09/17/hidroponik-solusi-pertanian-lahan-sempit-di-perkotaan/

Kumpulan video tentang dampak, penyebab dan pengertian maupun analisa ilmiah tentang perubahan iklim.

Koleksi dokumen publikasi, kliping dan lainya dari berbagai sumber terkait perubahan iklim.

Kontak informasi pegiat - pegiat yang terlibat dalam aksi - aksi perubahan iklim di atas lahan di Indonesia.

Daftar Istilah dan singkatan terkait perubahan iklim yang dihimpun dari berbagai sumber ilmiah dan ranah hukum.

Kumpulan infografis - Meme - Komik tentang dampak, penyebab dan pengertian maupun analisa ilmiah tentang perubahan iklim.