• 0

    Inovasi

    Selain upaya-upaya Mitigasi, Adaptasi dan berbagai kegiatan pendukung yang secara umum telah dilakukan, terdapat berbagai inisiatif dan pengenalan hal-hal baru yang dilakukan berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah, swasta, ataupun kelompok masyarakat sipil yang inovatif dalam memanfaatkan berbagai potensi yang ada.

Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Secara Komunal

Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) secara komunal dapat digunakan untuk pengelolaan limbah cair di pemukiman padat penduduk, kumuh, dan rawan sanitasi. Dusun Sukunan, Kabupaten Sleman, DIY telah memiliki IPAL untuk mengolah tinja dan air limbah dari 25-30 rumah. 2 Sistem IPAL yang digunakan adalah Rotary Biological Contact dan Contact Aeration yang keduanya merupakan jenis pengolahan yang memanfaatkan dua siklus aerob dan anaerob. Setelah dilakukan proses pengolahan kemudian air dialirkan untuk dapat masuk ke sumur resapan.

Sekilas Gambaran Teknologi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Secara Komunal

Berikut video untuk sosialisasi pembangunan IPAL Komunal Bantaran Sungai Martapura. semoga dengan salah satu Video ini sungai martapura terbebas dari jamban terapung dan menjalani hidup dengan sehat oleh Pemerintah Kabupaten Banjar.

Kumpulan video tentang dampak, penyebab dan pengertian maupun analisa ilmiah tentang perubahan iklim.

Koleksi dokumen publikasi, kliping dan lainya dari berbagai sumber terkait perubahan iklim.

Kontak informasi pegiat - pegiat yang terlibat dalam aksi - aksi perubahan iklim di atas lahan di Indonesia.

Daftar Istilah dan singkatan terkait perubahan iklim yang dihimpun dari berbagai sumber ilmiah dan ranah hukum.

Kumpulan infografis - Meme - Komik tentang dampak, penyebab dan pengertian maupun analisa ilmiah tentang perubahan iklim.