• 0

    Inovasi

    Selain upaya-upaya Mitigasi, Adaptasi dan berbagai kegiatan pendukung yang secara umum telah dilakukan, terdapat berbagai inisiatif dan pengenalan hal-hal baru yang dilakukan berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah, swasta, ataupun kelompok masyarakat sipil yang inovatif dalam memanfaatkan berbagai potensi yang ada.

Pemanenan Air Hujan

Pemanenan Air Hujan (PAH) adalah teknik pengumpulan dan penampungan air hujan ke dalam tangki atau waduk. Air hujan dialirkan melalui pipa penghubung yang dipasang di atap-atap rumah menuju tempat penampungan di bawahanya. Sebelum masuk ke tangki penampungan, air hujan disaring terlebih dahulu melalui tabung filter untuk menetralisir kotoran.

Foto: Program Kampung Iklim (Proklim)

Ada tiga komponen dasar yang harus ada sistem pemanenan air hujan, yaitu permukaan atap untuk penangkapan air hujan; talang untuk alat penyaluran air hujan ke tempat penampungan dan bak atau kolam untuk tempat penyimpanan air hujan.

Cara kerja PAH adalah air hujan yang tertangkap di atap rumah dialirkan melalui talang atau pipa menuju bangunan PAH yang dibagi menjadi beberapa partisi yang berisi berbagai macam media untuk menyaring air hujan dari berbagai kotoran. Benda-benda yang dapat digunakan sebagai partisi pada media penyaringan adalah secara berurutan ijuk, pasir, kerikil, arang, batubara merah, kerikil yang dicampur dengan batu gamping dan pasir. Setelah melewati partisi terakhir, air akan ditampung di bak penampungan. Lalu air akan dialirkan ke bak pengambilan air. Bak ini memiliki lubang sebagai sirkulasi udara agar air dapat dipompa keluar dari bak.

Ketentuan-ketentuan untuk membuat PAH adalah sumur harus berada pada lana yang datar bukan pada ganha berlereng, curam atau labil; sumur dan tempat penimbunan sampah dan septic tank berjarak minimal 5 meter diukur dari tepi; penggalian sumur resapan paling dalam 2 meter di bawah permukaan air tanah dan tanna tempat sumur resapan digali harus mampu menyerap air +/- 2 cm/jam.

Cara pembuatan PAH

  1. Menggali tanah untuk membuat sumur. Kedalaman galian jangan melebihi muka air tanah;
  2. Perkuat dinding sumur menggunakan bis beton, pasangan bata tanpa plesteran atau pasangan batu kosong. Isi lubang sumur dengan koral, ijuk, batu pecahan, dan arang;
  3. Isi lubang sumur dengan koral, ijuk, batu pecahan, dan arang;
  4. Tutup bagian atas sumur dengan plat beton. Plat beton ini dapat durum dengan tanah;
  5. Hubungkan talang ke sumur dengan menggunakan pipa sheingga air hujan tertampung;
  6. Buat saluran pembuangan dari sumur resapan menuju parit untuk antisipasi sumur resapan kelebihan air;
  7. Pemeriksaan jelang musim hujan.

Pada sistem PAH ini, perlu diingat, bak-bak, terutama bak pemasukan air, perlu dibersihkan secara periodik, minimal 1 tahun sekali. Hal ini karena air hujan yang mengandung banyak kotoran pertama kali masuk menuju bak pemasukan air.

PAH merupakan salah satu solusi sederhan yang bisa ditawarkan untuk mengatasi ancaman krisis air bersih. Apalagi pada kondisi perubahan iklim. Pemanfaatan PAH sangat bijak untuk dilakukan karena PAH mengoptimalkan pemanfaatan air hujan yang selama ini terbuang sia-sia. Apalagi teknologi ini terbilang murah dibanding teknologi lain, misal teknologi desalinasi air laut.

Sumber :
  • http://www.kompasiana.com/purwanti_asih_anna_levi/memanen-air-hujan-rain-water-harvesting-sebagai-alternatif-sumber-air_5517a1c3a333117107b6600c
  • http://jateng.tribunnews.com/2016/01/08/teknik-memanen-air-hujan-ala-nenek-moyang-kembali-dipopulerkan-di-semarang
  • https://www.cnnindonesia.com/nasional/20160405131527-23-121805/panen-air-hujan-mulai-dari-sekarang/

Kumpulan video tentang dampak, penyebab dan pengertian maupun analisa ilmiah tentang perubahan iklim.

Koleksi dokumen publikasi, kliping dan lainya dari berbagai sumber terkait perubahan iklim.

Kontak informasi pegiat - pegiat yang terlibat dalam aksi - aksi perubahan iklim di atas lahan di Indonesia.

Daftar Istilah dan singkatan terkait perubahan iklim yang dihimpun dari berbagai sumber ilmiah dan ranah hukum.

Kumpulan infografis - Meme - Komik tentang dampak, penyebab dan pengertian maupun analisa ilmiah tentang perubahan iklim.