Restorasi Hidrologi melalui pelestarian kearifan lokal

Kegiatan restorasi hidrologi dan pelesarian kearifan lokal pada wilayah rawan kebakaran lahan dilaksanakan di Kecamatan Kapuas Murung Kabupaten Kapuas. Tepatnya di daerah bekas PLG Provinsi Kalimantang Tengah. Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk kegiatan Pembuatan Tabat (Dam Sederhana) dan Beje (Kolam Ikan khas masyarakat Dayak Kalimantan Tengah). Kegiatan ini dilaksanakan pada rentang November 2012 dan 31 Mei 2013.

Tujuan kegiatan ini adalah tertutupnya draiinase tersier tabat sehingga air tidak mengalir ke drainase sekunder dan primer, tetapai air tertahan dalam gambut sehingga kondisi lahan tetap basah dan lembab untuk mengatasi kebakaran lahan pada musim kemarau; melestarikan bentuk kearifan lokal dengan membuat beje agar tetap berdaya guna bagi kehidupan masyarakat dan perldinungan Lingkungan Hidup dan kebkaran; dan mengatasi kekeringan lahan gambut dan kebakaran lahan.

Sumber: http://kc.reddplusid.org/

Tags: Kalimantan Tengah, REDD+

Kumpulan video tentang dampak, penyebab dan pengertian maupun analisa ilmiah tentang perubahan iklim.

Koleksi dokumen publikasi, kliping dan lainya dari berbagai sumber terkait perubahan iklim.

Kontak informasi pegiat - pegiat yang terlibat dalam aksi - aksi perubahan iklim di atas lahan di Indonesia.

Daftar Istilah dan singkatan terkait perubahan iklim yang dihimpun dari berbagai sumber ilmiah dan ranah hukum.

Kumpulan infografis - Meme - Komik tentang dampak, penyebab dan pengertian maupun analisa ilmiah tentang perubahan iklim.