Varietas Padi Rendah Emisi Gas Rumah Kaca

Pertanian Indonesia menghadapi tantangan untuk meningkatkan produksi pangan untuk memperkuat ketahanan pangan, dan memperbaiki kesejahteraan petani. Akan tetapi, di sisi lain, lahan sawah, sebagai penghasil padi, makanan utama bangsa Indonesia, merupakan salah satu sumber emisi gas metana yang berkontribusi pada peningkatan gas pemanasan Global. Lahan sawah Indonesia yang luasanya sekitar 10,9 juta hektar diduga memberi kontribusi sekitar 1% dari total global gas metana.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap varietas padi menghasilkan emisi gas metana yang berbeda-beda, sehingga penggunaan varietas yang tepat diharapkan dapat menekan emisi gas metana. Untuk menurunkan produksi emisi gas metana dari lahan sawah, varietas padi yang digunakan untuk pertanian padi harusnya varietas yang mampu menekan produksi gas metan.

Dari hasil pengujian beberapa varietas padi sawah irigasi, sawah tadah hujan maupun sawah pasang surut menunjukkan bahwa padi varietas IR36 dan Dodokan diduga paling rendah memproduksi gas metana. Hal ini dikarenakan padi varietas IR36 dan Dodokan diduga mempunyai kapasitas pengoksidasian akar yang lebih baik dari varietas lain sehingga konsentrasi oksigen di sekitar akar meningkat dan metana teroksidasi secara biologis oleh bakteri metanotropik. Padi varietas IR 36 ini digunakan untuk menjawab tantangan ketahanan pangan dan komitmen untuk mengurangi emisi gas rumah kaca di Indonesia.

Sumber : Warta Penelitian dan Pengembangan Pertanian Vol.28 No.4 tahun 2006

Kumpulan video tentang dampak, penyebab dan pengertian maupun analisa ilmiah tentang perubahan iklim.

Koleksi dokumen publikasi, kliping dan lainya dari berbagai sumber terkait perubahan iklim.

Kontak informasi pegiat - pegiat yang terlibat dalam aksi - aksi perubahan iklim di atas lahan di Indonesia.

Daftar Istilah dan singkatan terkait perubahan iklim yang dihimpun dari berbagai sumber ilmiah dan ranah hukum.

Kumpulan infografis - Meme - Komik tentang dampak, penyebab dan pengertian maupun analisa ilmiah tentang perubahan iklim.