Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE)

Reduksi emisi GRK sektor energi dilaksanakan melalui efisiensi energi dengan penyediaan listrik dengan memanfaatkan sumber daya energy baru dan terbarukan bisa menekan penggunaan energi fosil salah satunya melalui pembangkit listrik tenaga surya (PLTS).

Pemerintah secara resmi telah mengesahkan peraturan terkait penyediaan listrik bagi masyarakat yang berada di kawasan perbatasan, daerah tertinggal, daerah terisolir dan pulau-pulau terluar. Regulasi ini terbit dalam bentuk Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 47 Tahun 2017 tentang Penyediaan Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) Bagi Masyarakat yang Belum Mendapatkan Akses Listrik.

Prinsip kerja LTSHE adalah energi dari matahari ditangkap oleh panel surya, diubah menjadi energi listrik kemudian disimpan di dalam baterai. Energi listrik di dalam baterai ini yang kemudian digunakan untuk menyalakan lampu.

Melalui Peraturan Presiden (Perpres) ini, pemerintah melalui Kementerian Energi Sumberdaya dan Mineral (ESDM) akan mentargetkan mengaliri listrik berteknologi panel surya untuk 2.500 desa terpencil di Indonesia.

Kumpulan video tentang dampak, penyebab dan pengertian maupun analisa ilmiah tentang perubahan iklim.

Koleksi dokumen publikasi, kliping dan lainya dari berbagai sumber terkait perubahan iklim.

Kontak informasi pegiat - pegiat yang terlibat dalam aksi - aksi perubahan iklim di atas lahan di Indonesia.

Daftar Istilah dan singkatan terkait perubahan iklim yang dihimpun dari berbagai sumber ilmiah dan ranah hukum.

Kumpulan infografis - Meme - Komik tentang dampak, penyebab dan pengertian maupun analisa ilmiah tentang perubahan iklim.