Mengurangi Emisi Gas Rumah Kaca (GRK) melalui Pakan Ternak

Metana merupakan salah satu jenis GRK penyebab pemanasan global. Gas ini lebih dianggap sebagai polutan daripada sumber energi yang berguna. Gas metana pada kadar tinggi dapat mengurangi kadar oksigen pada atmosfer bumi. Gas metana dapat menyebabkan penurunan oksigen sampai sekitar 19,5%. Pada kadar yang lebih tinggi, gas metana dapat menyebabkan kebakaran dan ledakan apabila bercampur dengan udara.

Sektor pertanian adalah salah satu penyumbang gas metana. Salah satunya berasal dari pakan ternak yang umumnya mengandung gas metana. Pemilihan jenis pakan ternak sangat menentukan besar kecilnya gas metana yang dihasilkan ternak. Sehingga efisiensi pakan ternak perlu dilakukan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca.

Menyadari hal ini, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian melakukan upaya mengedukasi peternak agar menggunakan daun-daun hijau yang rendah kandungan emisi gas metannya untuk pakan ternak mereka.

Tanaman Leguminosa adalah salah satu tumbuhan hijau yang bisa digunakan untuk pakan ternak. Gliricidia, leucaena dan kaliandra adalah tiga jenis leguminosa yang rendah emisi metannya. Selain tumbuhan hijau, ternak juga dapat diberi makan darimakanan ternak yang mengandung tannin dan saponin. Tujuannya, selain mengurangi emisi gas metana, juga mengurangi karbondioksida.

Sumber:
  • http://peternakan.litbang.pertanian.go.id/fullteks/wartazoa/wazo221-4.pdf
  • http://agroplus.co.id/memilih-hijauan-pakan-ternak-rendah-emisi-gas-metana/

Kumpulan video tentang dampak, penyebab dan pengertian maupun analisa ilmiah tentang perubahan iklim.

Koleksi dokumen publikasi, kliping dan lainya dari berbagai sumber terkait perubahan iklim.

Kontak informasi pegiat - pegiat yang terlibat dalam aksi - aksi perubahan iklim di atas lahan di Indonesia.

Daftar Istilah dan singkatan terkait perubahan iklim yang dihimpun dari berbagai sumber ilmiah dan ranah hukum.

Kumpulan infografis - Meme - Komik tentang dampak, penyebab dan pengertian maupun analisa ilmiah tentang perubahan iklim.