Menanam Pohon untuk Mengatasi Pemanasan Global

Pohon mempunyai fungsi yang sangat penting dalam upaya meredam kenaikan gas rumah kaca penyebab utama pemanasan global dan perubahan iklim. Seperti spons/busa, pohon menyerap karbondioksida yang dihasilkan oleh kegiatan-kegiatan yang dilakukan manusia dan makhluk hidup lainnya.

Continue Reading

Biogas Asal Ternak Bersama Masyarakat (BATAMAS)

BATAMAS dimaksudkan untuk meningkatkan pendapatan peternak melalui pemanfaatan hasil samping peternakan berupa kotoran ternak segar (KTS) menjadi biogas dan pupuk organik. Program ini ternyata selain mampu meningkatkan pendapatan petani, memanfaatkan sumber energi dari biogas, dan nyata menurunkan emisi GRK melalui pencegahan pelepasan gas CH4 ke atmosfer.

Continue Reading

Varietas Padi Rendah Emisi Gas Rumah Kaca

Pertanian Indonesia menghadapi tantangan untuk meningkatkan produksi pangan untuk memperkuat ketahanan pangan, dan memperbaiki kesejahteraan petani. Akan tetapi, di sisi lain, lahan sawah, sebagai penghasil padi, makanan utama bangsa Indonesia, merupakan salah satu sumber emisi gas metana yang berkontribusi pada peningkatan gas pemanasan Global.

Continue Reading

EBTK untuk Mitigasi Perubahan Iklim

Energi Baru Terbarukan (EBT) terus didorong pemerintah sebagai masa depan energi nasional karena tingkat keekonomiannya tinggi. Namun, dari potensi EBT di Indonesia sebesar 400 gigawatt (GW), baru dimanfaatkan sekitar 8,8 GW atau 2 persen dari potensi yang ada.

Continue Reading

Konversi Sampah Plastik menjadi BBM

Sampah plastik menjadi masalah tersendiri yang perlu diperhatikan. Hal ini disebabkan sampah plastik membutuhkan waktu ratusan tahun untuk terurai. Sampah plastik juga tidak ramah lingkungan dan merupakan salah satu penyumbang emisi gas rumah kaca jika penguraian sampah ini dilakukan dengan cara dibakar.

Continue Reading

Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE)

Reduksi emisi GRK sektor energi dilaksanakan melalui efisiensi energi dengan penyediaan listrik dengan memanfaatkan sumber daya energy baru dan terbarukan bisa menekan penggunaan energi fosil salah satunya melalui pembangkit listrik tenaga surya (PLTS).

Continue Reading

Pengembangan Mikrohidro di Desa Mekarjaya

Mikrohidro merupakan teknologi pemanfaatan sumber energi terbarukan yang dapat di implementasikan oleh masyarakat, teknologi ini diterapkan di Desa Mekarjaya, Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat oleh masyarakat, dengan pengembangan kincir angin dan mikro hidro .

Continue Reading

Reforestasi di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TN BTS) merupakan kawasan konservasi dengan luas 50.276,20 Ha yang secara administratif terletak di wilayah Kabupaten Malang, Pasuruan, Probolinggo dan Lumajang. Kawasan ini dikelola oleh Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BBTNBTS) yang dibagi ke dalam 5 zona, yaitu : zona inti rimba, pemanfaatan tradisional, pemanfaatan intensif dan rehabilitasi.

Continue Reading

Sumber : http://www.agrobisnisinfo.com/2015/06/macam-macam-hijauan-pakan-ternak.html

Mengurangi Emisi Gas Rumah Kaca (GRK) melalui Pakan Ternak

Metana merupakan salah satu jenis GRK penyebab pemanasan global. Gas ini lebih dianggap sebagai polutan daripada sumber energi yang berguna. Gas metana pada kadar tinggi dapat mengurangi kadar oksigen pada atmosfer bumi. Gas metana dapat menyebabkan penurunan oksigen sampai sekitar 19,5%. Pada kadar yang lebih tinggi, gas metana dapat menyebabkan kebakaran dan ledakan apabila bercampur dengan udara.

Continue Reading

Kumpulan video tentang dampak, penyebab dan pengertian maupun analisa ilmiah tentang perubahan iklim.

Koleksi dokumen publikasi, kliping dan lainya dari berbagai sumber terkait perubahan iklim.

Kontak informasi pegiat - pegiat yang terlibat dalam aksi - aksi perubahan iklim di atas lahan di Indonesia.

Daftar Istilah dan singkatan terkait perubahan iklim yang dihimpun dari berbagai sumber ilmiah dan ranah hukum.

Kumpulan infografis - Meme - Komik tentang dampak, penyebab dan pengertian maupun analisa ilmiah tentang perubahan iklim.