Profil Pejabat

Dr. Ir. Nur Masripatin M.For. Sc, Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim dipimpin oleh Nur Masripatin sebagai Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim. Beliau sebelumnya menjabat sebagai Deputi pada Badan Pengelola REDD+. Beliau beberapa kali menjadi anggota Delegasi Indonesia dalam perundingan Perubahan Iklim tingkat tinggi PBB (UNFCCC) dan pada pertemuan UNFCCC ke 21 tahun 2015 di Paris sekaligus sebagai Ketua Negosiator Delegasi Indonesia. Saat ini beliau adalah sebagai National Focal Point Indonesia untuk UNFCCC. Sepanjang karirnya, Beliau juga pernah menjabat beberapa posisi penting seperti Kepala Pusat Standarisasi dan Lingkungan di Kementerian Kehutanan, Sekretaris Badan Litbang Kehutanan, Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Hutan Tanaman pada Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan. Beliau berkontribusi sebagai Penulis Utama pada naskah Strategi Kesiapan REDD+ dan Rencana Kesiapan FCFP-REDD.
Beliau lulus pendidikan Sarjana Kehutanan dari Universitas Gadjah Mada  (1982) dan menyelesaikan S2  (1992) dan S3 (1998) di University of Canterbury , New Zealand

agung setyabudi

Ir. Agung Setyabudi, M.Sc., Sekretaris Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim. Beberapa penugasan sebelumnya adalah sebagai Kepala Balai Besar KSDAE Papua Barat, Kepala Bagian Kepegawaian Hukum Organisasi dan Tatalaksana Pada Sekretariat Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan, Kepala Bidang Pelayanan dan Evaluasi Penelitian Pada Bidang Pelayanan dan Evaluasi Penelitian Pada Pusat Penelitian dan Pengembangan Hutan Tanaman, Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan, Kepala BKSDA Jambi, dan Kepala BKSDA Bengkulu.

Pendidikan S1 diperoleh dari Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada Tahun 1984 dan pendidikan S2 dari ITC, Enschede, The Netherlands Jurusan Forest Survey Tahun 1993. Beliau pernah mengikuti Diklat Forest Health Monitoring dan Diklat Portable Data Recorder di USA


Dra. Sri Tantri Arundhati, M.Sc., Direktur Adaptasi Perubahan Iklim. Sebelum nya beliau menjabat sebagai Asisten Deputi Asisten Deputi Adaptasi Perubahan Iklim (KLH) Pada Deputi Bidang Pengendalian Kerusakan Lingkungan dan Perubahan Iklim, Kementerian Lingkungan Hidup (KLH). Beliau pernah mengikuti Lake Water Quality Memenj., JICA, Pengendalian pencemaran Air, UNS, Amdal Dampak Lingkungan, USU dan Water Pollution Control, JICA.
Beliau lulus S1 dari Jurusan Biologi-Intstitut Teknologi Bandung (ITB) tahun 1987 dan S2 dari Rensselaer Polytechnic Institute, New York, USA tahun 1999

Ir. Emma Rachmawati, M.Sc, Direktur Mitigasi Perubahan Iklim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Jabatan Sebelumnya adalah sebagai Asisten Deputi Mitigasi dan Pelestarian Fungsi Atmosfer Kementerian Lingkungan Hidup Pada Deputi Bidang Pengendalian Kerusakan Lingkungan dan Perubahan Iklim, Kementerian Lingkungan Hidup. Beliau pernah mengikuti diklat Env.Administration, JICA - Jepang, English for Academic Purpose, British Council, Penilia Amdal, Universitas. Mataram dan Dasar-dasar Amdal, Universitas Mataram.
Beliau menempuh pendidikan S1 di Jurusan Teknik Lingkungan - Institut Teknologi Bandung (ITB) tahun 1988 dan S2 dari University Bradford Inggris, Business Strategy and Environmental Management tahun 1997.

Joko Prihatno
Dr. Ir. Joko Prihatno, M.M., Direktur Inventarisasi Gas Rumah Kaca dan Monitoring, Pelaporan dan Verifikasi. Beberapa penugasan sebelumnya adalah sebagai Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Sumberdaya Manusia Lingkungan Hidup dan Kehutanan Pada Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia, Kepala Pusat Pengendalian Pembangunan Kehutanan Regional II, Kepala Balai Besar Besar Konservasi Sumberdaya Alam Jawa Barat, Kepala Balai Besar Besar Taman Nasional Betung Kerihun, Kepala Balai Taman Nasional Kepulauan Seribu, Kepala Balai Taman Nasional Bromo Tengger, Kepala Sub Direktorat Pengembangan Jasa Lingkungan dan Wisata Alam Pada Dit. Wisata Alam Hutan dan Kebun, Direktorat Jenderal Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam, Kepala Sub Direktorat Pemanfaatan Jasa Lingkungan. Pada Direktorat Penyidikan dan Pengamanan Hutan, Direktorat Jenderal Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam. Beliau memperoleh gelar Insinyur dari Institut Pertanian Bogor ( IPB ) Tahun 1985 dilanjutkan dengan Magister pada Manajemen Agribisnis Tahun 1993 dan gelar Doktor dari Philosophy of Doctor University Putra Malaysia Tahun 2004.

Ir. Achmad Gunawan Widjaksono, MAS., Direktur Mobilisasi Sumberdaya Sektoral dan Regional Pada Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim . Sebelum nya beliau menjabat sebagai Asisten Deputi Pengelolaan Limbah B3 dan Pemulihan Kontaminasi Limbah B3 (KLH) Pada Deputi Bidang Pengelolaan B3, Limbah B3 dan Sampah, Kementerian Lingkungan Hidup (KLH). Diklat yang pernah beliau ikuti adalah Inspector Training,EPA Inc, Inspector Training,EPA USA, Air Monitoring, Singapore, Air Pollution Control, JICA, Emergency Response,EPA Inc dan Kursus Amdal A, Andalas.
Beliau lulus pendidikan S1 dari Jurusan Teknik Kimia Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun 1992 dan S2 dari Technische Universtat Graz Fakultat fur Maschinenbau Der Studiendekan tahun 2001.
 

Ir. Raffles Brotestes Panjaitan, M.Sc., Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Beliau mendapatkan gelar sarjana dari Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor dan gelar Master Ilmu Manajemen Kehutanan dari Universitas Aberdeen, Skotlandia. Beliau memiliki pengalaman sebagai pejabat Kementerian Kehutanan di berbagai tugas meliputi rehabilitasi hutan, konservasi biodiversity dan alam, juga investigasi dan perlindungan hutan.
membagi informasi ini: