Kami Segenap Keluarga Besar - DIREKTORAT JENDERAL PENGENDALIAN PERUBAHAN IKLIM - KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN Mengucapkan Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1439 H, Mohon Maaf Lahir Bathin -Dengan Semangat Menjaga Perubahan Iklim mari kita Lindungi Keluarga, Sahabat, Rekan dan Seluruh Tumpah Darah Indonesia dengan Menjaga Lingkungan, Menjaga Kebakaran Hutan dan Lahan Serta Mensukseskan ASIAN GAMES
Manggala Agni Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Tingkatkan Kesiapsiagaan, Antisipasi Karhutla

Manggala Agni Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Tingkatkan Kesiapsiagaan, Antisipasi Karhutla

24 Juni 2018

Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan KLHK, Manggala Agni terus tingkatkan kesiapsiagaan pada awal musim kemarau tahun ini. Berbagai upaya dilakukan melalui patroli di wilayah-wilayah rawan ...

selanjutnya
Manggala Agni Berjaga Padamkan Karhutla Jelang Lebaran

Manggala Agni Berjaga Padamkan Karhutla Jelang Lebaran

14 Juni 2018

Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan KLHK, Manggala Agni terus lakukan pemadaman dan pengecekan lapangan (groundchek) dari hasil pantauan titik panas (hotspot) di sejumlah lokasi. Masa ...

selanjutnya

PRESS RELEASE DITJEN PPI

Pentingnya Peran Pemerintah Daerah (Sub-Nasional) untuk Mencapai Target Penurunan GRK 29%
lebih lanjut..
NDC Kick Off: Translating NDC into Actions - Jakarta 27 April 2017
lebih lanjut..
Upaya Memandu Arah Implementasi REDD+ -Jakarta, 22- 25 Januari 2017
lebih lanjut..
Laporan Delegasi Republik pada Marakech Climate Change Conference COP22/CMP-12/CMA-1 7-18 November 2016
lebih lanjut..
KOMITMEN INDONESIA UNTUK MENURUNKAN EMISI DUNIA DIPERTEGAS DI MARRAKECH CLIMATE CHANGE CONFERENCE
lebih lanjut..
Peluncuran Sistem Registri Nasional 1 November 2016
lebih lanjut..

 

Sosialisasi NDC 24 - 25 agustus 2017

Dokumen
Tentang
Silahkan Download
 Paparan Presentasi Paparan Presentasi dari Pleno 1, Pleno 2 dan pleno 3  Link Download

 

Program Kampung Iklim (Proklim)

Program Kampung Iklim (ProKlim) adalah program berlingkup nasional yang dikembangkan Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) untuk mendorong partisipasi aktif masyarakat dan seluruh pihak dalam melaksanakan aksi lokal untuk meningkatkan ketahanan terhadap dampak perubahan iklim dan pengurangan emisi GRK.

Keterangan Progres: : Cultivate (Cultivate Certificate Proklim); : Initiate (Initiate Certificate Proklim); : Development (Proklim Development Certificate); : Proklim (Trophy and Certificate Proklim);

Pengantar

Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim (DJPPI) adalah salah satu unit kerja Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang menangani perubahan iklim khususnya dalam penyelenggaraan mitigasi, adaptasi, penurunan emisi gas rumah kaca, penurunan dan penghapusan bahan perusak ozon, mobilisasi sumber daya, inventarisasi gas rumah kaca, monitoring, pelaporan dan verifikasi aksi mitigasi perubahan iklim serta pengendalian kebakaran hutan dan lahan. Selengkapnya ...

Sekilas Ditjen PPI

Dokumen Perubahan Iklim

Berita Perubahan Iklim Terbaru

  • Manggala Agni Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Tingkatkan Kesiapsiagaan, Antisipasi Karhutla

    Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan KLHK, Manggala Agni terus tingkatkan kesiapsiagaan pada awal musim kemarau tahun ini. Berbagai upaya dilakukan melalui patroli di wilayah-wilayah rawan dan juga sosialisasi kepada masyarakat. Pemadaman awal pun segera dilakukan pada areal-areal terbakar.

  • Manggala Agni Berjaga Padamkan Karhutla Jelang Lebaran

    Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan KLHK, Manggala Agni terus lakukan pemadaman dan pengecekan lapangan (groundchek) dari hasil pantauan titik panas (hotspot) di sejumlah lokasi. Masa liburan tidak membuat Manggala Agni mengurangi kewaspadaan. Sebagaimana dilakukan oleh Manggala Agni Daerah Operasi (Daops) Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah (13/06/2018). Groundchek dilakukan di Desa Selunuk, Kecamatan Danau Sembuluh, Kabupaten Seruyan. Manggala Agni Daops Pangkalan Bun bersama dengan personil TNI, Tim Pemadam Kebakaran Seruyan, dan aparat desa, bergerak ke lokasi yang terpantau hotspot yang berjarak kurang lebih 71 km dari Pos Manggala Agni di Sampit.

  • Libur Lebaran, Posko Pengendalian Karhutla Tetap Aktif

    Sebagai bentuk komitmen dalam upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) sejak dini, Posko Pengendalian Karhutla KLHK, baik yang berada di pusat maupun di 33 daerah operasional (daops) Manggala Agni di daerah, tetap aktif dalam melakukan pemantauan hotspot dan kejadian karhutla selama libur Hari Raya Idul Fitri 1439 H.

  • SUPERVISI PATROLI TERPADU PENCEGAHAN KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN BERSAMA MASYARAKAT DAN PIHAK LAINNYA DI DISTRIK KEBAR KABUPATEN TAMBRAUW PROVINSI PAPUA BARAT

    Patroli Terpadu Bersama masyarakat dan pihak lainnya dilaksanakan di Distrik Kebar Kabupaten Tambrauw Provinsi Papua Barat selama lima hari yakni tanggal 22 - 26 Mei 2018. Personil dalam kegiatan ini terdiri dari 12 orang yang dibagi menjadi dua tim, dimana untuk setiap kegiatan beranggotakan enam orang yang terdiri dari unsur Polri, Masyarakat Peduli Api (MPA), aparat desa atau tokoh masyarakat setempat dan satu orang supervisi dari Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan Wilayah Maluku Papua.

  • SUPERVISI KEGIATAN PATROLI TERPADU DALAM RANGKA PENCEGAHAN KARHUTLAH DI KABUPATEN BURU PROVINSI MALUKU

    Patroli Terpadu Bersama Masyarakat dan para pihak lainnya dilaksanakan dengan maksud sebagai salah satu upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan dengan mengedepankan prinsip deteksi dini dan kemutakhiran data patroli langsung turun ke tingkat tapak, serta mengedepankan sinergitas antar lembaga dan masyarakat tingkat desa. Adapun tujuan pelaksanaan kegiatan yaitu untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan pada daerah rawan kebakaran serta menanamkan rasa tanggung jawab terhadap pencegahan dan pengendalian karhutla kepada semua pihak.

  • PEMANTAUAN MITIGASI PERUBAHAN IKLIM DI JAYAPURA PROVINSI PAPUA

    Pemantauan mitigasi perubahan iklim, dimaksudkan untuk melihat (groudcheck) pelaksanaan aksi mitigasi perubahan iklim dibidang kehutanan yang dilakukan oleh daerah (provinsi) dengan tujuan yang ingin dicapai dari pelaksanaan pemantauan mitigasi perubahan iklim adalah untuk memperoleh data dan informasi mengenai capaian aksi mitigasi perubahan iklim dari sektor kehutanan melalui kegiatan peningkatan cadangan karbon (PCK) dan kegiatan pencegahan penurunan cadangan karbon (PPCK).

  • PENGEMBANGAN JEJARING MITRA PERUBAHAN IKLIM DI PROVINSI MALUKU

    Pengembangan jejaring mitra perubahan iklim di wilayah Provinsi Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat, dimaksudkan untuk mengidentifikasi mitra-mitra (stakeholder) yang melaksanakan kegiatan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim. Tujuan yang ingin dicapai dari pengembangan jejaring mitra perubahan iklim adalah untuk mendapatkan informasi tentang keberadaan mitra-mitra / lembaga baik pemerintah maupun swasta yang bergerak di bidang perubahan iklim, yang melaksanakan kegiatan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim di wilayah kerja Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan Wilayah Maluku Papua.

Selengkapnya...


Galeri Video Perubahan Iklim

ayo kita jaga dampak perubahan iklim --

REDD+ dalam 72 tahun Indonesia --

FROM PARIS TO PEKAN NASIONAL PERUBAHAN IKLIM 2017 --

AYOOO PEDULI PERUBAHAN IKLIM - adaptasi dan mitigasi kewajiban kita semua - bumi kita hanyalah satu - ayo kita jaga --

AYOOO PEDULI PERUBAHAN IKLIM - adaptasi dan mitigasi kewajiban kita semua - bumi kita hanyalah satu - ayo kita jaga


Selengkapnya...


Agenda Perubahan Iklim

Selengkapnya...


Statistik Pengunjung

459211
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Semua Hari
678
1413
678
453435
16337
28263
459211

2018-06-24 14:25

Informasi Kontak

Telepon: +62 (21) 5730144
Faksimili: + 62 (21) 5720194
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. atau This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Kantor Utama

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan
Manggala Wanabakti Blok VII, 12th floor
Jl. Gatot Subroto, Senayan
Jakarta - Indonesia

Jejaring Sosial