SINERGITAS PENGENDALIAN KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN DI KAB. TANJUNG JABUNG BARAT

 

SINERGITAS PENGENDALIAN KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN DI KAB. TANJUNG JABUNG BARAT

siner1

Berawal dari informasi Masyarakat Peduli Api desa Lubuk Bernai Kecamatan Batang Asam Kab.Tanjung Jabung Barat pada tanggal 21 Juni 2018, Tim Manggala Agni Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Daops Bukit Tempurung segera bertindak cepat melakukan persiapan regu pemadam, berkoordinasi dengan KPHP Tanjung Jabung Barat, polsek Tungkal Ulu, Koramil Tungkal Ulu serta Tim RPK PT.Wira Karya Sakti dan Rimba Hutani Mas.

siner2Tim Manggala Agni Daops Bukit Tempurung dibawah kendali Danru III sdr. Imam Bahama Putra tiba di lokasi kejadian dengan membawa peralatan pemadam berupa 2 unit pompa mesin max3 serta kelengkapannya pada pukul 17.30 WIB dan segera melakukan size up berupa pengamatan situasi, akses jalan dan sumber air. Pada saat itu di putuskan akan dilaksanakan pemadaman darat dengan menggunakan peralatan tangan berupa jet shooter dan parang dikarenakan tidak adanya sumber air dan jauhnya lokasi kejadian dengan posko lapangan yang didirikan serta tidak adanya akses kendaraaan untuk membawa peralatan pemadam.

Pada hari kedua, 22 juni 2018. Tim pemadam bersama MPA, Babinsa dan BKTM Desa Lubuk Bernai sampai di lokasi dan melakukan pemadaman lanjutan menggunakan peralatan manual. Selanjutnya tim melakukan koordinasi dengan puskodal PT. WKS untuk dilakukan pemadaman udara karena susahnya sumber air dan akses jalan menuju lokasi.

Tim RPK WKS melakukan pemadaman udara sebanyak 8 kali dan berhasil memadamkan kepala api, selanjutnya tim darat yg terdiri dari Manggala Agni, MPA, KPHP Tanjung Tanjung Jabung Barat dan RPK. PT.WKS melakukan penyisiran dan pemadaman sisa kebakaran.

Pemadaman ini dapat segera berhasil berkat sinergitas semua pihak di lapangan. Mulai dari kepedulian masyarakat dan respon cepat tim. Kedepannya semoga kejadian kebakaran hutan dan lahan menjadi seminimal mungkin demi tercipta jambi bebas asap. (Daops BKT)

siner3

membagi informasi ini: