PEMANTAUAN MITIGASI PERUBAHAN IKLIM DI JAYAPURA PROVINSI PAPUA

 

Balai PPIKHL Wilayah Maluku Papua

PEMANTAUAN MITIGASI PERUBAHAN IKLIM DI JAYAPURA PROVINSI PAPUA

Jayapura, 14-18 Mei 2018

Pemantauan mitigasi perubahan iklim, dimaksudkan untuk melihat (groudcheck) pelaksanaan aksi mitigasi perubahan iklim dibidang kehutanan yang dilakukan oleh daerah (provinsi) dengan tujuan yang ingin dicapai dari pelaksanaan pemantauan mitigasi perubahan iklim adalah untuk memperoleh data dan informasi mengenai capaian aksi mitigasi perubahan iklim dari sektor kehutanan melalui kegiatan peningkatan cadangan karbon (PCK) dan kegiatan pencegahan penurunan cadangan karbon (PPCK).

Ruang lingkup dari kegiatan pemantauan mitigasi antara lain pengambilan data PCK di Dinas Kehutanan Provinsi Papua; Pengambilan data PCK di KPHL di wilayah pemantauan di Distrik Sentani; Pengambilan data PCK di BPDASHL Mamberamo; Pengambilan data PPCK di BPKH Wilayah X Jayapura; Peninjauan lapangan pada salah satu site pemantauan.

Dalam melakukan pemantauan mitigasi di Jayapura, Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan (BPPIKHL) Wilayah Maluku Papua melakukan koordinasi dengan kelompok kegiatan penambahan cadangan carbon (PCK) dari aksi mitigasi berupa kegiatan rehabilitasi kawasan hutan dan lahan serta kegiatan penghijauan yang dikelolah oleh Dinas Kehutanan Provinsi Papua, BPDASHL Mamberamo, serta kelompok kegiatan pencegahan penurunan cadangan karbon (PPCK) berupa perolehan data tutupan lahan yang dikelolah oleh BPKH Wilayah X Jayapura. Dari hasil pengumpulan data mitigasi yang didapat di tiga Instansi dapat diketahui bahwa Provinsi Jayapura telah melaksanakan kegiatan dalam pemantauan mitigasi, sesuai dengan kapasitas masing – masing.

Peninjauan lapangan dilaksanakan di salah satu site yaitu di Distrik Sentani. Dimana, pemantauan mitigasi yang ada di lapangan dan masalah yang terkait dengan lingkungan hidup dan perubahan iklim adalah seperti kebakaran hutan dan lahan yang dilakukan oleh masyarakat sekitar sehingga dilakukan penanaman pohon kembali. Tenaga pendamping dari BPDASHL Mamberamo sangat membantu dalam meminimalisir tingkat resiko bencana yang terjadi di Distrik Setani Provinsi Jayapura.

Editor : Wilda Pratiwi

pantaumitigasipapua1

membagi informasi ini: