• Beranda
  • Berita
  • PENYEBARLUASAN INFORMASI UPAYA PENGENDALIAN KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN DALAM MENYAMBUT ASIAN GAMES 2018

PENYEBARLUASAN INFORMASI UPAYA PENGENDALIAN KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN DALAM MENYAMBUT ASIAN GAMES 2018

 

PENYEBARLUASAN INFORMASI UPAYA PENGENDALIAN KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN DALAM MENYAMBUT ASIAN GAMES 2018

agasp1

Tinggal menunggu waktu hingga event akbar olah raga terbesar se-Asia diselenggarakan. Pasalnya Asian Games akan dilaksanakan di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus hingga 2 September 2018. Pemerintah dengan dorongan penuh dan dukungan semua pihak memaksimalkan dan melancarkan event tersebut. Salah satu unsur penting yang selalu digaungkan menjelang perhelatan akbar itu adalah ASIAN GAMES 2018 BEBAS ASAP. Tentunya hal tersebut bukan lah tanpa alasan mengingat Sumatera Selatan utamanya Palembang yang memainkan peran penting dalam Asian Games 2018 merupakan daerah rawan kebakaran hutan dan lahan yang dapat menimbulkan bencana asap. Berkaca dari bencana kebakaran hutan dan lahan ditahun 2015, Pemerintah menjadikan kegiatan pengendalian kebakaran hutan dan lahan menjadi prioritas utama.

Informasi mengenai apa saja upaya yang telah dan akan dilakukan pemerintah untuk mengendalikan kebakaran hutan dan lahan dalam menyembut ASIAN GAMES 2018 sangat perlu untuk disebarkan luaskan. Maka dari itu pemerintah dalam hal ini Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bekerjasama dengan NGO Kemitraan Partnership mengadakan Kunjungan Jurnalistik di Palembang pada hari Rabu (30/5/2018), bertempat di hotel The Zuri Palembang.

Kegiatan ini dibuka dan pemberian informasi dari Kepala Biro Hubungan Masyarakat KLHK Ir.Djati Witjaksono Hadi, M.Sc. Beliau menyampaikan bahwa Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengemban amanah besar untuk suksesnya Asian Games 2018 terhadap gangguan kabut asap di Sumatera Selatan khususnya Kota Palembang.

Target besar tersebut merupakan bagian dari 12 Capaian Utama Program Unggulan Presiden Jokowi. Lebih lanjut beliau menambahkan dalam menyebarluaskan informasi sudah selayaknya menggunakan strategi komunikasi yakni komunikasi yang terintegrasi dan dilakukan secara rasional dan emosional dalam artian sesuai dengn konteks kebijakan dan manfaat yang dirasakan. Sehingga informasi yang nantinya akan beredar di masyarakat akan sesuai dengan data dan fakta serta dapat menimbulkan kepercayaan publik.

Strategi komunikasi lain yang perlu diterapkan diantaranya adalah pendekatan kreatif dan diseminasi terintegrasi. Pendekatan kreatif menggunakan kampanye capaian yang dapat menyentuh hati sehingga nantinya masyarakat yang akan bercerita apa yang telah dirasakan dari upaya-upaya yang telah dilakukan pemerintah. Sedangkan diseminasi terintegrasi menggunakn elemen-elemen modern sebagai penguat penyebarluasan informasi yakni media relation, sosmed influencer, infografis, kanal youtube video, dsb.

Dalam kesempatan ini juga disampaikan oleh kedua pembicara lain mengenai kegiatan teknis pencegahan karhutla di lapangan serta data, informasi, dan tren kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Sumatera Selatan oleh Kepala BPBD Sumatera Selatan H. Iriansyah,S.Sos, SKm, M.Kes dan Kepala Seksi Kebakaran Hutan dan Lahan Balai PPIKHL Wilayah Sumatera Didik Suprijono, S.Hut terkait strategi pengendalian kebakaran hutan dan lahan yang telah dilaksanakan. (BPPIKHL Wil. Sumatera/Deki).

membagi informasi ini: