Di Bulan Ramadhan, Manggala Agni Tetap Semangat Bertugas

Di Bulan Ramadhan, Manggala Agni Tetap Semangat Bertugas

puasa1

Dit. PKHL - Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) KLHK – Manggala Agni tetap melaksanakan tugas dengan semangat meskipun sedang menjalankan ibadah puasa. Kondisi lapar dan dahaga tak menyurutkan semangat untuk terjun ke lapangan, melakukan pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

Di beberapa wilayah, Manggala Agni bersama para pihak tetap melakukan patroli terpadu pencegahan karhutla yang telah dimulai sejak beberapa waktu lalu. Di Wilayah Riau, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan juga Kalimantan Selatan, patroli terpadu tetap berjalan saat para petugas melaksanakan ibadah puasa.

Patroli terpadu dilaksanakan bersama-sama dengan TNI, POLRI, dan masyarakat. Selain patroli ke wilayah-wilayah rawan, tim patroli terpadu melakukan pendekatan kepada masyarakat, melakukan sosialisasi mengajak masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas yang dapat memicu terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Tentu dibutuhkan tekad yang lebih keras dalam melaksanakan tugas-tugas di lapangan saat bulan Ramadhan. Namun Manggala Agni tetap semangat dalam menjalankan pengabdiannya.

Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, KLHK, Raffles B. Panjaitan, di sela-sela kunjungannya ke Sumatera Selatan (16/05/2018) menyampaikan pesan agar Manggala Agni tetap menjalankan tugasnya dengan semangat, bahkan terus meningkatkan kewaspadaannya menjelang masuk musim kemarau.

“Di tengah ibadah puasa, Manggala Agni tetap melakukan patroli, sosialisasi, geoundcheck hotspot dan bahkan pemadaman. Semangat bekerja, ikhlas menjalankan tugas harus selalu dimiliki oleh setiap personil Manggala Agni dalam menjaga lingkungan dari ancaman kebakaran hutan dan lahan”, tambah Raffles.

Bahkan saat malam menjelang memasuki bulan Ramadhan ini, Manggala Agni tetap harus berjibaku menjinakkan si jago merah. Seperti yang dilakukan oleh Manggala Agni Daops Pangkalan Bun tadi malam (16/05/2018). Manggala Agni bersama dengan personil BPBD lakukan pemadaman di Jl. Citra Royal Vilage, Desa Batu Blamaan, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat. Pemadaman yang dilakukan pada malam hari ini terkendala pada terbatasnya sumber air. Berkat kerja keras tim, kebakaran seluas ± 3 ha dapat dipadamkan satu jam kemudian.

Pemadaman juga masih dilakukan oleh Manggala Agni Daops Dumai di Kelurahan Pematang Pudu, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, kemarin (16/05/2018). Pemadaman lanjutan hari ketiga ini dibantu oleh Tim Patroli Terpadu Posko Desa Petani, yang terdiri dari TNI, POLRI, Masyarakat Peduli Api. Kebakaran terjadi pada lahan gambut seluas ± 12 ha berhasil dipadamkan dan selanjutnya dilakukan penyisiran bara api oleh tim.

Sementara itu, pantauan Posko Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan KLHK pada Selasa (17/05/2018) pukul 20.00 WIB, mendeteksi ada tiga hotspot yang terpantau satelit NOAA-19, empat titik di Riau dua titik dan Jambi dua titik. Sementara Satelit TERRA-AQUA (NASA) mendeteksi satu hotspot di NTB.

puasa2

Tags: Pengendalian Kebakaran Hutan

membagi informasi ini: