• Beranda
  • Berita
  • APEL KESIAPSIAGAAN PENCEGAHAN KARHUTLA SUMATERA SELATAN SIAP MENSUKSESKAN ASIAN GAMES 2018

APEL KESIAPSIAGAAN PENCEGAHAN KARHUTLA SUMATERA SELATAN SIAP MENSUKSESKAN ASIAN GAMES 2018

 

APEL KESIAPSIAGAAN PENCEGAHAN KARHUTLA

SUMATERA SELATAN SIAP MENSUKSESKAN ASIAN GAMES 2018

asian games sum1

Bertempat di Kecamatan Inderalaya, Kabupaten Ogan Ilir, Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan (BPPIKHL) Wilayah asian games sum2Sumatera berperan aktif dalam Apel Kesiapsiagaan Personil dan Peralatan Kebakaran Hutan dan Lahan Provinsi Sumatera Selatan, Rabu (16/Mei).

Apel dilaksanakan dalam rangka menyongsong penyelenggaraan Asian Games di Palembang pada bulan Agustus mendatang. Komandan Komando Resort Militer (Danrem) 044 selaku Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) kebakaran hutan dan lahan Sumatera Selatan tahun 2018 bertugas sebagai inspektur apel. Kegiatan itu juga dihadiri oleh Manggala Agni Daops Banyuasin dan Ogan Komering Ilir (OKI), Komando Resort Militer (Korem) dan Komando Distrik Militer (Kodim) dari Ogan Ilir dan OKI, Polres Brimob Ogan Ilir, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Provinsi, Ogan Ilir), Masyarakat Peduli Api (Muara Enim dan Ogan Ilir), Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Regu Pemadam Kebakaran (RPK) perusahaan Hutan Tanaman Industri & perkebunan dengan total 1.500 personil. Apel juga dihadiri oleh Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan Asisten Deputi Tata Kelola Kehutanan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Dalam arahannya Danrem 044 menyampaikan bahwa perintah operasi telah dikeluarkan pada tanggal 21 April 2018. Semua sub satgas baik tingkatasian games sum3 provinsi hingga tingkat desa telah siap untuk melakukan kegiatan pencegahan dan diikuti oleh penindakan dimana edukasi kepada masyarakat dan pemilik lahan merupakan prioritas utama. Upaya penyampaian informasi deteksi dini telah dan akan selalu dilaksanakan hingga tingkat desa. Dansatgas juga menekankan pentingnya penegakan hukum kepada setiap pihak yang terbukti melakukan pembakaran sebagai efek jera.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Ogan Ilir, Ilyas Panji Alam menekankan pentingnya tindakan yang tepat dalam pengendalian kebakaran hutan dan lahan, terutama pencegahan yang merupakan tindakan pra-bencana. Untuk itu pemerintah, masyarakat dan dunia usaha merupakan faktor kunci dalam pencegahan terjadinya kebakaran.

Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, dalam arahannya kepada anggota Manggala Agni berpesan agar selalu melakukan pengecekan kesiapan peralatan dan berkoordinasi dalam melaksanakan tugas di lapangan. Kepedulian para pemangku kepentingan merupakan faktor penentu dalam mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Apel ditutup dengan inspeksi peralatan, personil dan prasarana peralatan pemadam kebakaran yang digelar oleh Manggala Agni, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, perusahaan perkebunan, perusahaan kehutanan dan fasilitas pendukung lainnya. (BPPIKHL Wilayah Sumatera)

asian games sum4

membagi informasi ini: