• Beranda
  • Berita
  • PELATIHAN PENGENDALIAN KEBAKARAN HUTAN, KEBUN DAN LAHAN BAGI MASYARAKAT PEDULI API (MPA) CEMPAKA MAS ABADI GROUP

PELATIHAN PENGENDALIAN KEBAKARAN HUTAN, KEBUN DAN LAHAN BAGI MASYARAKAT PEDULI API (MPA) CEMPAKA MAS ABADI GROUP

PELATIHAN PENGENDALIAN KEBAKARAN HUTAN, KEBUN DAN LAHAN BAGI MASYARAKAT PEDULI API (MPA) CEMPAKA MAS ABADI GROUP

cempaka1

KAYUAGUNG - Pelatihan Pengendalian Kebakaran Hutan, Kebun dan Lahan bagi Masyarakat Peduli Api (MPA) Cempaka Mas Abadi Group merupakan bentuk respon positif pihak managemen dalam upaya pengendalian kebakaran hutan dan lahan. Selain itu juga merupakan upaya dalam menyikapi kejadian karhutla di wilayah kerjanya, sehingga pihak managemen merasa perlu untuk meningkatkan kapasitas MPA yang ada diperusahaan.

cempaka2Pelatihan ini dilaksanakan di Daops OKI selama 3 (tiga) hari, mulai tanggal 12 s.d 14 Mei 2018 dan dihadiri oleh 60 (enam puluh) peserta MPA. Acara pembukaan dan penutupan kegiatan pelatihan ini diawali dengan sambutan dari Kepala Daops OKI tentang maksud dan tujuan Kegiatan Pembinaan MPA. “Masalah karhutbunlah merupakan tanggung jawab kita bersama bukan hanya Manggala Agni tetapi pihak pemerintah, pihak swasta dan instansi terkait juga harus ikut terlibat dalam pencegahan karhutbunla, terutama pada tahun ini akan menghadapi 2 event besar yakni Pilkada dan Asian Games 2018 Agustus mendatang di Palembang dan Jakarta”, Kata Kepala Daops OKI, Tri Prayogi, S.Hut.

Materi pelatihan yang disampaikan merupakan materi dasar karhutla, yang mencakup peraturan perundangan bidang pengendalian kebakaran hutan dan lahan, dasar-dasar kebakaran hutan, metode pemadaman dan P3K. Sedangkan pada pelaksanaan praktek peserta diperkenalkan formasi regu, gelar gulung selang, peralatan pemadaman dan simulasi pemadaman.

Selama melaksanakan pelatihan di Daops OKIpeserta Masyarakat Peduli Api (MPA) Cempaka Mas Abadi juga melaksanakan kegiatan rutin seperti lari pagi,cempaka3 senam selang setiap hari, setelah itu melakukan apel pagi dan apel malam. Pada malam terakhir dilakukan kegiatan bina suasana sesama peserta dan instruktur. Pada umumnya peserta sangat antusias dapat mengikuti materi-materi dan praktek yang di sampaikan oleh tim pengajar dengan baik.

Pada akhir sesi pelatihan diadakan simulasi pemadaman kering dan simulasi pemadaman basah sebagai gambaran kondisi kejadian dari kebakaran yang sesungguhnya. Pelatihan selama 3 (tiga) hari dapat berjalan lancar dan sesuai rencana. Dengan dilaksanakan Pelatihan Pengendalian Karhutbunla bagi MPA diharapkan akan menjadi mitra dan siap bekerjasama dalam upaya pengendalian kebakaran hutan dan lahan di unit kerja masing-masing terutama di Wilayah Kabupaten OKI. (Sinta Anggraeni, S.Si Daops OKI/Deki)

 

 

 

cempaka4

membagi informasi ini: