• Beranda
  • Berita
  • DAOPS KETAPANG LATIH ANGGOTA PSDA PEDULI API (PSDA-LIPI) DALAM PENGENDALIAN KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN

DAOPS KETAPANG LATIH ANGGOTA PSDA PEDULI API (PSDA-LIPI) DALAM PENGENDALIAN KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN

DAOPS KETAPANG LATIH ANGGOTA PSDA PEDULI API (PSDA-LIPI)

DALAM PENGENDALIAN KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN

daopskat1

Pada hari jumat-Sabtu tanggal 11 -12 Mei 2018 lalu dalam acara Pelatihan Pengendalian kebakaran Hutan dan Lahan Bagi Anggota Penjaga Sumberdaya Alam - Peduli Api (PSDA-LIPI), Balai PPIKHL Wilayah Kalimantan melalui Daops Manggala Agni Ketapang menjadi instruktur tunggal dalam pelatihan yang diselenggarakan oleh Kemitraan Partnership ini.

Kemitraan partnership sendiri merupakan NGO yang didirikan pada tahun 2000 sebagai dana perwalian multi donor dan dikelola oleh United Nations Development Programme (UNDP) dan pada tahun 2003 Kemitraan menjadi badan hukum independen, yang terdaftar sebagai asosiasi hukum sipil non-profit. Salah satu Program yang diusung adalah Tata Kelola Lingkungan Berkelanjutan dimana peningkatkan tutupan hutan dan menyelaraskan kebijakan pemerintah dalam menghadapi perubahan iklim menjadi sasaran strategisnya.( http://www.kemitraan.or.id)

Pelatihan ini dilaksanakan di Gedung Paroki Nikasius Gereja Katolik St. Martinus Balai Berkuak, Kec. Simpang Hulu Kab. Ketapang dengan peserta anggota masyarakat yang tergabung dalam kelompok Masyarakat Peduli Api (MPA) dari 4 Desa sasaran program Lembaga Kemitraan yaitu Desa Kualan Hilir, Desa Sekucing Kualan, Desa Sekucing Labai dan Desa Labai Hilir.  

daopskat2

 

Beberapa materi yang diberikan dalam pelatihan ini antara lain arahan, dampak dan pencegahan karhutla; Dasar Kebakaran Hutan dan Perilaku Api; teknik Strategi Damkarhut; Pengenalan Peralatan dan perlengkapan Damkar dan Simulasi serta Praktek Pemadaman.

Project Manager Kemitraan Partnership, Stepanus Djuweng, menyatakan bahwa pelatihan ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut himbauan dari pemerintan dan dalam rangka peningkatan sumberdaya manusia untuk pengendalian kebakaran hutan dan lahan.

Kepala Balai PPIKHL Wilayah Kalimantan, Johny Santoso,S.Hut, M.Agr dalam kesempatan terpisah mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi Kegiatan yang dilaksanakan oleh Kemitraan Partnership ini dan menyatakan bahwa Balai PPIKHL Wilayah Kalimantan siap bekerja bersama dengan berbagai pihak dalam pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan di wilayah regional kalimantan. (Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan Wilayah Kalimantan 2018)

daopskat3

    

membagi informasi ini: