• Beranda
  • Berita
  • SATUKAN PERSEPSI HADAPI KARHUTLA DI WILAYAH SAMBAS KAL-BAR MELALUI GLADI LAPANG PENANGGULANGAN KARHUTLA

SATUKAN PERSEPSI HADAPI KARHUTLA DI WILAYAH SAMBAS KAL-BAR MELALUI GLADI LAPANG PENANGGULANGAN KARHUTLA

SATUKAN PERSEPSI HADAPI KARHUTLA

DI WILAYAH SAMBAS KAL-BAR

MELALUI GLADI LAPANG PENANGGULANGAN KARHUTLA

persepsikal1

Bencana karhutla telah menjadi bencana nasional, penganganannya melibatkan berbagai pihak, namun tidak semua pihak yang turut serta dalam penanganan dalkarhutla mengerti prosedur pencegahan dan pengendaliannya. Selain itu, agar pengendalian karhutla dapat terlaksana, kegiatan pengendalian harus dilaksanakan secara terpadu dalam satu persepsi dan satu komando.

Pada hari senin 14 Mei 2018, Balai PPIKHL Wilayah Kalimantan melaui Daops Manggala Agni Singkawang Prov. Kalimantan Barat turut serta sebagai Instruktur dalam kegiatan "Gladi Lapang Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan untuk Wilayah Sambas" yang mengusung tema menyamakan persepsi dan komando dalam penanggulangan antisipasi karhutla di wilayah Kab. Sambas. Acara ini dilaksanakan di Halaman MI 1 Batu Mak Jage Kec. Tebas Kab. Sambas. Kecamatan Tebas sendiri merupakan kecamatan di Kabupten Sambas yang masuk dalam kecamatan rawan karhutla.

persepsikal2

Acara ini dibuka oleh Kalak BPBD Kab Sambas dan dihadiri oleh BPBD Provinsi Kalimantan Barat, Kabid PK BPBD Kab. Sambas dan Tim, Camat Tebas, Danramil Tebas, Kapolsek Tebas, Kades Desa Rawan Karhutla di Kab. Sambas seperti Kades Batu Mak Jage, Kades Serindang dan Kades Bukit Segoler.

Turut serta sebagai peserta Gladi Lapang MPA lingkup Kec. Tebas, Kelompok Tani Peduli Api (KTPA) lingkup Kec. Tebas, Kelompok masyarakat pengawas (Pokmaswas), Babinsa dan Bhabinkantibnas lingkup Kec. Tebas.

Manggala Agni Daops Singkawang yang tergabung dalam Tim terpadu dalkarhutla Kab. Sambas dan dianggap sebagai pihak yang mempunyai kemampuan, peralatan serta pengalaman lebih dalam bidang penanganan karhutla di daulat sebagai Instruktur dalam kegiatan Gladi Lapang ini.

persepsikal3

 

Dalam Gladi Lapang ini dijelaskan tentang tata cara penanggulangan alat pemadam (mekanis dan manual) serta simulasi penanggulangan kebakaran yang melibatkan lintas instasi dari awal kejadian karhutla sampai dengan cara evakuasi korban.

Dalam sambutannya Kalak BPBD Kab. Sambas, Yudi,S.Sos menyatakan bahwa satu komando dan penyamaan persepsi dalam penanggulangan karhutla merupaka kunci keberhasilan penanganganan dalkarhutla di Kab. Sambas.

Lebih lanjut Yudi berharap, dengan BPBD yang merupakan leading sektor penanganan bencana di daerah, Tim Terpadu Dalkarhutla Kab. Sambas dapat bekerja bersama mencegah dan mengendalikan karhutla di kab. Sambas.

Yuyu Wahyudin, Kepala Daops Singkawang yang ditemui dalam kesempatan terpisah menyatakan Daops Singkawang selalu siap bekerja sama dengan berbagai pihak untuk menangani karhutla di wilayah kerjanya. (Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan kebakaran Hutan dan Lahan Wilayah Kalimantan 2018).

persepsikal4

membagi informasi ini: