• Beranda
  • Berita
  • Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Apresiasi Upaya Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan

Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Apresiasi Upaya Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan

Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Apresiasi Upaya Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan

Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan KLHK - Manggala Agni, Daops Pontianak mendapat apresiasi dari upaya yang telah dilakukan dalam pengendalian kebakaran hutan dan lahan. Apresiasi ini disampaikan pada saat kunjungan kerja Komisi IV DPR RI Bidang Pertanian, Kehutanan, Kelautan dan Perikanan (30/04/2018). Kunjungan yang dilaksanakan selama dua hari ini merupakan kunjungan kerja dalam masa reses persidangan IV tahun sidang 2017-2018 yang bertujuan untuk menjaring aspirasi dan melihat langsung kondisi di lapangan serta persoalan-persoalan yang terjadi di tingkat tapak.

Salah satu agenda kunjungan kerja yang dipimpin oleh Daniel Johan dari Fraksi PKB adalah mengunjungi Kantor Daops Manggala Agni Pontianak. Ikut mendampingi kunjungan kerja Tim Komisi IV DPR RI ini, Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim KLHK, Ida Bagus Putera Parthama, Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan KLHK, Raffles B. Panjaitan, serta kepala Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan (PPIKHL) wilayah Kalimantan, Johny Santoso.

Kunjungan kerja Komisi IV ke Markas Komando Manggala Agni Daerah Operasi Pontianak diawali dengan penjelasan kegiatan pengendalian kebakaran hutan dan lahan (karhutla) serta penyambutan oleh Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim KLHK, Ida Bagus Putera Parthama. Acara dilanjutkan dengan dialog interaktif untuk menjaring informasi terkait kendala dan permasalahan serta solusi ke depan dalam pengendalian karhutla.

Tim Komisi IV juga melakukan peninjauan sarana prasarana, bengkel cuka kayu, dan demplot pengolahan lahan tanpa bakar (PLTB). Dalam kesempatan tersebut, juga dilakukan simulasi penggunaan peralatan dan simulasi pemadaman oleh Manggala Agni.

Kunjungan diakhiri dengan melakukan penanaman pada areal demplot percontohan kebun buah Manggala Agni Daops Pontianak.

Pada kesempatan tersebut Direktur Pengendalian Karhutla, Raffles B. Panjaitan menyampaikan bahwa KLHK telah melakukan berbagai upaya dalam pengendalian karhutla di Indonesia, terutama di wilayah-wilayah rawan seperti di Kalimantan Barat. Pembangunan markas Daops dengan kelengkapan sarana prasarana dan personil Manggala Agni untuk siaga menjaga hutan dan lahan dari kebakaran.

“Manggala Agni bersama para pihak di tingkat tapak terus lakukan upaya untuk mencegah terjadi kebakaran hutan dan lahan. Bersama TNI, POLRI, dan masyarakat, Manggala Agni lakukan patroli terpadu pencegahan karhutla. Manggala Agni juga mencari solusi membuka lahan tanpa membakar, salah satunya dengan pengolahan cuka kayu dari limbah pembukaan lahan”, tambah Raffles.

Kepala Balai PPIKHL Wilayah Kalimantan, Johny Santoso dalam sambutannya juga menyampaikan bahwa salah satu peran Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan adalah menjaga kawasan dan fungsi kawasan hutan untuk menunjang kehidupan, menjaga hutan untuk sosial ekonomi masyarakat, menjaga flora fauna, dan ekosistem hutan.

“Oleh karena itu Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan khususnya Balai PPIKHL wilayah Kalimantan terus mengajak semua pihak terutama masyarakat untuk menjaga kelestarian hutan dan lahan dari berbagai ancaman kerusakan, salah satunya dari kebakaran”, tambah Johny.

Komisi IV DPR-RI akan terus mendorong agar segala kegiatan pengendalian kebakaran hutan dan lahan yang sudah berjalan lebih ditingkatkan dan disinergiskan dengan para pihak terkait.

Sementara pantauan Posko Pengendalian Karhutla KLHK pada Minggu, 29 April 2018, pukul 20.00 WIB, berdasarkan satelit NOAA-19 terpantau empat hotspot di Jambi dua titik dan Sumatera Selatan dua titik sedangkan berdasarkan Satelit TERRA-AQUA (NASA) terpantau satu titik di Nusa Tenggara Timur.

Tags: Pengendalian Kebakaran Hutan

membagi informasi ini: