• Beranda
  • Berita
  • Mainstreaming Aspek Perubahan Iklim ke Dalam Perencanaan dan penggunaan Dana Desa

Mainstreaming Aspek Perubahan Iklim ke Dalam Perencanaan dan penggunaan Dana Desa

Yogyakarta, 25/05/2018. Direktorat Mobilisasi Sumberdaya Sektoral dan Regional kembali melanjutkan diskusi lintas sektor mengenai pedoman mainstreaming perubahan iklim dalam penggunaan dana desa.

Kali ini diskusi diadakan di Yogyakarta untuk menjaring masukkan dari berbagai sektor dengan melibatkan BLH Provinsi DIY, Dinas Kehutanan dan Perkebunan DIY, Badan Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat, Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan beberapa Pemerintah Daerah Kabupaten di DIY serta kepala desa di Provinsi Yogyakarta.

Direktur MS2R membuka pertemuan dengan paparan umum mengenai perubahan iklim, dilanjutkan dengan paparan beberapa narasumber dilanjutkan dengan diskusi terbatas untuk menggali informasi dari peserta terkait dengan perubahan iklim dan masukan untuk pedoman pelaksanaan kegiatan perubahan iklim dengan dana desa.

Penggunaan dana desa yang telah dimanfaatkan untuk perubahan iklim masih terbatas pada program pengendalian kebakaran hutan dan lahan serta Program Kampung Iklim (Proklim), padahal dana tersebut dapat digunakan untuk kegiatan yang bersifat non fisik seperti peningkatan kapasitas maupun pelatihan.

Pedoman Mainstreaming perubahan iklim yang akan disusun harus dibangun dengan pemahaman yang sama dari para pihak baik perangkat desa, pemerintah daerah maupun pusat. Diharapkan pedoman yang akan disusun nantinya terintegrasi dan sesuai dengan perencanaan pembangunan desa dan dapat dilaksanakan oleh desa sesuai dengan karakteristik wilayahnya.Selain itu harus ada kejelasan antara pembagian wewenang antara Kabupaten dan Desa melalui Peraturan Bupati.

 

 

 

Tags: Mobilisasi Sumberdaya Sektoral dan Regional

membagi informasi ini: