Kolaborasi Updating Data Inventarisasi GRK

Kolaborasi Updating Data Inventarisasi GRK

Jakarta, 23-25 April 2018 telah diselenggarakan kegiatan Capacity Devolopment Pemutakhiran Data IGRK Dan Pelaporan Profil Emisi Provinsi. Direktorat Inventarisasi GRK dan MPV dengan Support to Indonesia's Climate Change Response-Technical Assistance Component (SICCR-TAC) yang merupakan kerjasama Pemerintah Indonesia dan Uni Eropa, melaksanakan kegiatan ini dalam rangka implementasi Perpres 71 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Inventarisasi GRK Nasional yang dan Peraturan Menteri LHK No. P.73/MenLHK/Setjen/Kum.1/12/2017 tanggal 29 Desember 2017 tentang Pedoman Penyelenggaraan dan Pelaporan Inventarisasi Gas Rumah Kaca.

Penyelenggaraan Inventarisasi GRK Nasional dimaksudkan untuk menyediakan informasi secara berkala mengenai tingkat, status dan kecenderungan perubahan emisi dan serapan GRK termasuk simpanan karbon di tingkat nasional,provinsi dan kabupaten/kota serta menyediakan informasi pencapaian penurunan emisi GRK dari kegiatan mitigasi perubahan iklim nasional.

       

   

     

Institutional Arrangement merupakan tahapan awal dalam penyelenggaraan inventarisasi GRK. Dalam pengembangannya, penyelenggaraan IGRK Provinsi melibatkan pihak-pihak terkait di tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota. Komitmen dan peran aktif daerah sangat diperlukan sebagai upaya perbaikan yang fundamental, dimulai dari komitmen dalam pengaturan kelembagaan hingga menciptakan sistem yang efektif dan efisien penyelenggaraan IGRK pada lingkup kewenangannya. Pelibatan seluruh pemangku kepentingan yang meliputi unsur pemerintah, dunia usaha dan masyarakat dalam penyelenggaraan IGRK nasional perlu diperhatikan mengingat inventarisasi GRK memegang peranan sangat penting demi terwujudnya perencanaan aksi mitigasi GRK yang tepat sasaran dan memungkinkan dilakukannya tracking emisi GRK dari waktu-waktu. Demikian disampaikan oleh Direktur IGRK dan MPV, Dr. Ir. Joko Prihatno, MM dalam paparannya.

Penyediaan data dengan kualitas dan integritas yang tinggi sangat diperlukan dalam penguatan system inventarisasi GRK dan system verifikasi hasil aksi mitigasi. Untuk memenuhi kebutuhan data inventarisasi GRK provinsi, dihadirkan juga para walidata sektor ditingkat nasional sebagai narasumber yaitu dari Kementerian ESDM, Direktorat Inventarisasi dan Pemantauan SDH, dan Direktorat Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 yang membahas struktur data terkait serta sistem publikasi data dari masing-masing sektor. Sebagai tindak lanjut dilakukan pemutakhiran data GRK provinsi dengan menggunakan data yang terbaik sekaligus pengisian data pada aplikasi SIGN SMART yang dipandu langsung oleh tim inventarisasi GRK KLHK. Setelah data termutakhirkan dengan baik dilanjutkan dengan teknis pelaporan yang mengacu pada Permen LHK No. 73/ 2017.

Direktur IGRK dan MPV mengungkapkan melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas SDM dalam penyelenggaraan inventarisasi GRK di tingkat provinsi, sehingga penyediaan data aktivitas mengalami perbaikan dan peningkatan dari waktu ke waktu yang di perbaharui melalu laporan penyelenggaraan inventarisasi GRK provinsi setiap tahunnya. Tahun 2018 ini merupakan tahun uji coba penyelenggaran IGRK sub nasional, dilanjukan tahun 2019 yang merupakan tahun transisi dimana akan diintegrasikan dan disinergikan system inventarisasi GRK yang ada di provinsi dan nasional sehingga diharapkan tahun 2020 kebijakan satu data GRK dapat diaplikasikan.

Tags: Inventaris GRK dan Monitoring Pelaporan dan Verifikasi

membagi informasi ini: