Laporan Pertemuan Intergovernmental Panel on Climate Change ke 47


Laporan Pertemuan
Intergovernmental Panel on Climate Change ke 47

Jakarta, April 2018, Sosialisasi hasil pertemuan Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) 47 dihadiri oleh perwakilan beberapa K/L dan stakeholder terkait. Direktorat Mobilisasi Sumberdaya Sektoral dan Regional mengundang Prof. Dr. Edvin Aldrian (BPPT) dan Dr. Dodo Gunawan (BMKG) sebagai narasumber untuk memaparkan hasil pertemuan IPCC 47 yang juga mewakili Indonesia pada pertemuan IPCC 47 di Paris pada 13-16 Maret 2018.

IPCC merupakan merupakan panel ilmiah yang terdiri dari para ilmuwan perubahan iklim dari seluruh dunia dan didirikan oleh 2 (dua) organisasi PBB, World Meteorological Organization (WMO) dan United Nations Environment Programme (UNEP) pada 1988. IPCC didirikan bertujuan untuk mengevaluasi risiko perubahan iklim akibat aktivitas manusia yang nantinya akan menjadi bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan sidang UNFCCC.

Beberapa hal yang dilaporkan sebagai hasil pertemuan tersebut antara lain, perkembangan Special Report (SR1.5, SROCC, SRCCL, 2019 Refinement) dan Assessment Report 6 (AR6). Pada periode penulisan AR kali ini, Indonesia berhasil menempatkan 9 (sembilan) orang ahli sebagai Coordinating Lead Authors (CLA), Lead Authors (LA), maupun sebagai Review Editor (RE) dalam penyusunan AR6.

Isu Gender juga menjadi pembahasan dalam IPCC 47. Pembahasan isu gender dilaksanakan oleh task group khusus yang mempunyai mandat untuk menelaah kajian IPCC yang terkait dengan isu gender. Task Group ini juga meminta pengajuan dari anggota IPCC serta organisasi pengamat tentang kebijakan dan strategi gender nasional dan internasional yang relevan. Laporan dan rekomendasi akan disampaikan lebih detail pada IPCC49.

Selanjutnya, pertemuan IPCC 48 akan diselenggarakan di Incheon, Korea pada Oktober 2018, sedangkan untuk IPCC 49 akan diselenggarakan pada Mei 2019 di Kyoto, Jepang.

 

Tags: Mobilisasi Sumberdaya Sektoral dan Regional

membagi informasi ini: