Manggala Agni Lakukan Kanpanye Pencegahan Melalui Turnamen Olahraga

Manggala Agni Lakukan Kanpanye Pencegahan Melalui Turnamen Olahraga

Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (karhutla), KLHK – Manggala Agni lakukan kampanye pencegahan kebakaran hutan dan lahan kepada genarasi muda melalui turnamen olahraga baru-baru ini.

Pada turnamen yang bertajuk Koni Cup Futsal Student Paser League yang diselenggarakan di Gelanggang Olahraga Sadurengas Kabupaten Paser, Provinsi Kalimantan Timur, Manggala Agni Daops Paser mengajak generasi muda untuk bersama-sama mencegah kebakaran hutan dan lahan.

Acara diprakarsai oleh Komite Olahraga Nasional (KONI) Kabupaten Paser bekerjasama dengan Asosiasi Futsal Kabupaten (AFKAB) Paser digelar selama sembilan hari. Turnamen yang setiap hari dihadiri sedikitnya seribu penonton ini diikuti oleh peserta yang berasal dari 13 SLTP/sederajat dan 13 SLTA/sederajat se-Kabupaten Paser.

Manggala Agni sebagai mitra pendukung dalam penyelenggaraan acara ini memanfaatkan kesempatan untuk  mengkampanyekan pencegahan karhutla kepada masyarakat yang yang hadir menyaksikan turnamen futsal ini. Kampanye dilakukan melalui penyampaikan pesan-pesan pencegahan karhutla yang disampaikan disela-sela pertandingan. Selain itu pesan disampaikan melalui pemasangan spanduk berisi ajakan untuk menjaga hutan dan lahan dari ancaman karhutla.

Kepala Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan (BPPIKHL) Wilayah Kalimantan, Johny Santoso menyampaikan bahwa Manggala Agni selalu aktif melakukan kampanye pencegahan karhutla. Bentuknya bisa melalui anjangsana dalam kegiatan patroli maupun melalui acara-acara kemasyarakatan yang diselenggarakan di wilayah-wilayah kerjanya.

"Melalui turnamen olahraga seperti turnamen futsal yang dilakukan di Kabupaten Paser ini tentunya dapat menjadi kesempatan yang baik untuk menyampaikan pesan dan himbauan pencegahan karhutla khususnya pada generasi muda", ungkap Johny.

Pada kesempatan yang lain, dalam rangka Hari Bakti Rimbawan ke-35 dan Hari Hutan Internasional, Manggala Agni Daops Paser bersama-sama dengan Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Timur menggelar Apel Akbar Rimbawan di halaman parkir Stadion Madya Sempaja, Samarinda (28/03/2018). Acara juga diikuti oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bersama Forum Komunikasi Perangkat Daerah (FKPD) terkait beserta beberapa aktivis lingkungan se-Kalimantan Timur.

Usai Apel Akbar Rimbawan, digelar simulasi pemadaman karhutla oleh Manggala Agni Daops Paser bersama brigade pengendalian karhutla salah satu perusahaan swasta pemegang konsesi di Kabupaten Paser.

Menurut Johny, kegiatan simulasi ini sebagai bentuk kesiapsiagaan Manggala Agni dan para pihak dalam penanganan karhutla yang bisa terjadi kapan saja.

"Peran para pihak sangat penting dalam pengendalian karhutla. Bersama Manggala Agni mereka akan bahu-membahu melakukan penanggulangan karhutla di lapangan", tandas Johny.  

Sementara, pantauan Posko Pengendalian Karhutla KLHK pada Jumat, 30 Maret 2018, pukul 20.00 WIB, mencatat tiga hotspot yang terpantau satelit NOAA-19 di Provinsi Sumatera Selatan dan Jawa Barat, sedang Satelit TERRA-AQUA (NASA) mencatat dua titik hotspot di Provinsi Sulawesi Selatan dan NTB,            

Tags: Pengendalian Kebakaran Hutan

membagi informasi ini: