Integrasi Aspek Perubahan Iklim dalam Implementasi Dana Desa

 Integrasi Aspek Perubahan Iklim dalam Implementasi Dana Desa


Palangkaraya-Kamis (8/3), Direktur Mobilisasi Sumberdaya Sektoral dan Regional Bapak Dr. Drs. Ignatius Wahyu Marjaka, M. Eng membuka Workshop integrasi aspek perubahan iklim dalam implementasi dana desa Workshop ini dihadiri oleh Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Tengah, 14 DLH Kabupaten beserta Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran hutan dan Lahan Wilayah Kalimantan yang berada di Palangkaraya, para perangkat desa, Tim dari USAID dan Tim dari Kemitraan.

 


dana2Direktorat Mobilisasi Sumberdaya Sektoral dan Regional bekerjasama dengan UPT PPIPKHL wilayah Kalimantan dan Dinas LH Provinsi Kalimantan Tengah mensosialisasikan potensi dana desa untuk kegiatan perubahan iklim seperti Proklim, REDD+, dan kebakaran hutan dan lahan aksi mitigasi dan adaptasi.

Desa diberi kewenangan dan sumber dana agar dapat mengelola potensi yang dimiliki guna meingkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Hal ini sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa dan PP No.60 Tahun 2014 tentang Penggunaan Dana Desa.

Lebih lanjut diungkapkan bahwan perlunya dikembangkan pedoman penggunaan dana desa sebagai salah satu potensi pendanaan iklim, yang dapat digunakan sebagai acuan/dasar bagi pemerintah daerah untuk menyusun acuan lebih lanjut pada tingkat provinsi dan kabupaten yang pada akhirnya dapat dituangkan pada perencanaan pembangunan desa. 


Semoga dengan kegiatan ini akan memberikan wawasan kepada semua pihak yang terlibat untuk dapat memanfaatkan Dana Desa dengan lebih baik dan lebih bermanfaat kepada masyarakat dan mendukung kepada aksi yang lebih untuk perubahan iklim di tingkat tapak.

 

Tags: Mobilisasi Sumberdaya Sektoral dan Regional

membagi informasi ini: