• Beranda
  • Berita
  • MANGGALA AGNI DAOPS PANGKALAN BUN SIAP SIAGA PADAMKAN KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN

MANGGALA AGNI DAOPS PANGKALAN BUN SIAP SIAGA PADAMKAN KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN

MANGGALA AGNI DAOPS  PANGKALAN BUN SIAP SIAGA PADAMKAN KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN

Sejalan dengan perkiraan BMKG bahwa musim kemarau tahun 2018 akan lebih panjang dari pada tahun 2017, Manggala Agni Daops Pangkalan Bun siap siaga cegah dan kendalikan kebakaran hutan dan lahan baik secara mandiri maupun bergabung bersama Tim Satgas Dalkarhutla setempat.

Baru-baru ini Manggala Agni Daops Pangkalan Bun bersama satgas Dalkarhutla Kab. Kotawaringin Barat berhasil memadamkan Kebakaran Hutan dan Lahan di Kelurahan Mendawai Seberang Kec. Arut Selatan Kab. Kotawaringin Barat, Prov. Kalimantan Tengah.  

Kebakaran terjadi di lahan masyarakat pada KM 14 Mendawai Seberang-Kotawaringin Lama yang membesar dan menjalar ke KM 10 pada tanggal 16 Februari 2018 dimana api baru berhasil dipadamkan total pada hari  Jumat 23 Februari 2018.

Kebakaran hutan dan lahan di Kec. Arut selatan ini terjadi di lahan gambut dan menyebabkan kabut asap serta nilai ISPU di Kab. Kotawaringin Barat menjadi sedang.Kecamatan Arut Selatan sendiri merupakan salah satu Kecamatan yang rawan kebakaran hutan dan lahan. Setiap tahun hampir selalu terjadi kejadian kebakaran hutan dan lahan di kecamatan ini.

Besarnya kebakaran lahan kali ini membuat Wakapolda Kalimantan Tengah, Kombes Pol Dedi Prasetyo, mengunjungi lokasi kebakaran sekaligus melakukan pemeriksaan kesiapan personil dan peralatan menghadapi kebakaran hutan dan lahan di Kab. Kotawaringin Barat.  Dalam kunjungan ini, Wakapolda sangat tertarik dengan pompa punggung /jet shooter yang digunakan sebagai alat pemadaman dini maupun saat moping up serta mesin Pompa Mark -III yang digunakan oleh Manggala Agni Daops Pangkalan Bun,  dimana dengan ukurannya yang relatif kecil namun memiliki tekanan air yang cukup kencang dan sangat efektif serta efisien saat pemadaman di lahan yang tidak memungkinkan membawa alat pemadam yang besar.

Kepala Balai PPIKHL Wilayah Kalimantan, Johny Santoso,S.Hut,M.Agr menyatakan bahwa Manggala Agni Regional Kalimantan selalu siap melaksanakan pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan, baik secara mandiri maupun bersinergi dengan dengan berbagai pihak yang terlibat dalam upaya Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan di Wilayah Kalimantan. (Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan Wilayah Kalimantan, 2018)

        

membagi informasi ini: