KUNJUNGAN DIRJEN PPI KE LOKASI PROKLIM PROVINSI DKI JAKARTA

KUNJUNGAN DIRJEN PPI KE LOKASI PROKLIM

PROVINSI DKI JAKARTA

PROJAK2Dalam rangka meninjau pelaksanaan kegiatan tingkat tapak yang dapat berkontribusi terhadap peningkatan ketahanan masyarakat dalam menghadapi dampak perubahan iklim dan pengurangan emisi Gas Rumah Kaca (GRK), Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim (PPI) KLHK, Dr. Ir. Nur Masripatin, M.For.Sc melakukan kunjungan ke 2 lokasi di DKI Jakarta yang telah mendapat penghargaan Program Kampung Iklim (ProKlim) pada tahun 2016.  Dalam kesempatan tersebut Dirjen PPI didampingi oleh Sekretaris Ditjen PPI dan Direktur Adaptasi Perubahan Iklim. Hadir pula perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta sebagai koordinator ProKlim tingkat provinsi. RW 01 Kelurahan Sunter Jaya Kota Jakarta Utara menjadi lokasi pertama yang dikunjungi pada hari Jumat, tanggal 19 Januari 2018.

PROJAK1Kunjungan Dirjen PPI ke RW 01, Sunter Jaya, diterima oleh Ketua dan pengurus RW 01 Kelurahan Sunter Jaya beserta pengurus dan kader Posyandu Lansia “Puspa Cindra Kana I”. Dalam sambutannya, Ketua RW menyampaikan informasi mengenai kondisi lokasi serta kegiatan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang telah berjalan serta keberadaan kelompok masyarakat dan dukungan keberlanjutan yang mengantarkan lokasi tersebut memperoleh penghargaan ProKlim. RW 01 merupakan lokasi sangat padat penduduk yang memiliki luas 12 ha dan terdiri dari 24 RT dengan jumlah penduduk sebanyak 2.531 KK/13.267 jiwa. Lokasi ini pada awalnya merupakan kawasan pemukiman kumuh dengan kepedulian masyarakat yang rendah terhadap lingkungan sekitarnya. Mulai tahun 2011 dengan dukungan CSR dari PT. Astra Honda Motor perubahan dimulai dengan pembentukan “Kampung Berseri” yang dikuatkan dengan SK Lurah dan dilengkapi dengan AD/ART maupun struktur organisasi dimana seluruh divisinya berasal dari semua komponen masyarakat RW 01.

PROJAK3Dengan kelembagaan tersebut, berbagai aktivitas adaptasi dan mitigasi perubahan iklim dikembangkan dan dilaksanakan oleh masyarakat RW 01. Sebagai upaya untuk menanggulangi kejadian banjir yang setiap tahun terjadi, dengan ketinggian rata-rata per kejadian banjir 1 meter dan baru surut dalam 7 hari, masyarakat membuat sekitar 250 lubang resapan biopori, pompa air pengendali banjir, sistem peringatan dini, sampai dengan posko banjir. Hasilnya sudah terlihat dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, dimana ketinggian banjir berkurang menjadi 40 cm dan langsung surut dalam 1 hari. Kegiatan adaptasi lainnya adalah pemanfaatan lahan maupun gang sempit dengan berbagai tanaman sayuran, obat, dan buah maupun gerakan 3M yang ditunjang dengan keberadaan jumantik (juru pemantau jentik). Kegiatan mitigasi perubahan iklim oleh masyarakat RW 01 antara lain pengelolaan sampah dengan melibatkan bank sampah, pengomposan dengan komposter untuk suplai pupuk organik bagi aneka tanaman di RW 01, maupun upaya penghematan energi.

PROJAK4Lokasi kedua yang dikunjungi adalah RW 08 Kelurahan Petukangan Selatan Kota Jakarta Selatan, pada tanggal 25 Januari 2018. Tokoh penggerak ProKlim di lokasi setempat, menjelaskan perihal lokasi RW 08 yang merupakan komplek perumahan dengan luas 21 hektar dengan jumlah penduduk 455 KK/1.766 jiwa. Kegiatan ProKlim di RW 08 dimulai dari pengelolaan sampah organik dan anorganik yang dilakukan oleh “Akademi Kompos”. Selanjutnya masyarakat RW 08 telah membuat sumur resapan dan lubang resapan biopori untuk menanggulangi banjir. Peningkatan ketahanan pangan dilaksanakan dengan pembuatan kebun organik, budidaya ikan lele, dan pemanfaatan lahan pekarangan. Di bidang pengendalian penyakit terkait iklim, terdapat kader jumantik yang aktif dan penerapan PHBS.        

PROJAK5Dirjen PPI menyampaikan apresiasinya atas keberlanjutan kegiatan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim oleh warga masyarakat RW 01, Kelurahan Sunter Jaya, serta RW 08, Kelurahan Petukangan Selatan. Kedua lokasi tersebut dibarapkan dapat terus menjalankan peran sebagai agen pembawa perubahan dan menjadi pusat pembelajaran (learning center) bagi berbagai pihak yang ingin mempelajari ProKlim.

 

 

 

 

Informasi lebih lanjut:

Direktorat Adaptasi Perubahan Iklim

Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Gedung Manggala Wanabakti, Blok 4 lantai 6 Wing A

Telp/Faks. 021 5747053 

membagi informasi ini: