Environmental Management Framework (EMF)

Environmental Management Framework (EMF)

 Program HCFC Phase-out Management Plan (HPMP) Tahap 2 di Indonesia telah disetujui oleh Executive Committee (ExCom) Multilateral Fund pada pertemuan Excom ke 76 di bulan Mei 2016. Pada program ini, Indonesia berkewajiban untuk menghapuskan konsumsi HCFC sebesar 37,5% dari baseline pada tahun 2020 dan 55% dari baseline pada tahun 2023.

Salah satu proyek yang akan dijalankan adalah HCFC Phase-out in the Polyurethane Foam Sector Tahap 2 dengan World Bank sebagai Cooperating Agency. Proyek ini bertujuan untuk penghapusan total konsumsi HCFC-141b sebesar 92,73 ODP ton di sektor foam pada tahun 2023 untuk mendukung penghapusan konsumsi HCFC sesuai jadwal diatas.

Salah satu strategi untuk mencapai tujuan tersebut adalah kegiatan alih teknologi di sektor manufaktur foam, dimana sesuai dengan Keputusan Excom ke 76 diatas, bahan alternatif yang disetujui adalah Cyclopentane dan HFO. Proyek ini harus memenuhi peraturan dan regulasi terkait lingkungan sesuai Environmental Management Framework (EMF) yang terlampir dalam laman ini. EMF mencakup rangkaian langkah mitigasi dan pencegahan yang dirancang untuk meminimalisir dampak negatif dari pelaksanaan proyek dan menghasilkan capaian yang positif.

Tujuan dibentuknya EMF adalah:

  1. Memberikan informasi seputar keselamatan dan lingkungan serta kapasitas yang dibutuhkan untuk memperkenalkan teknologi baru pengganti HCFC ke perusahaan manufaktur foam.
  2. Menyesuaikan prosedur dan metode dalam penanganan bahan alternatif dan instalasi peralatan terkait, terutama instalasi untuk memenuhi kebutuhan keselamatan dalam penggunaan hidrokarbon sebagai bahan alternatif.
  3. Menyediakan kerangka untuk persiapan Environmental Management Plan (EMP) bagi perusahaan yang mengkonversi teknologinya ke hidrokarbon dan langkah – langkah dalam penyesuaian Standard Operating Procedure (SOP) bagi perusahaan yang mengkonversi teknologinya ke HFO.
  4. Menyediakan informasi terkait langkah – langkah pengaturan dan pemantauan aspek keselamatan dan lingkungan terkait pelaksanaan alih teknologi di industri manufaktur foam.

 

Silahkan Download  

Tags: Mitigasi Perubahan Iklim

membagi informasi ini: