Bimbingan Teknis Adaptasi Perubahan Iklim - Pontianak

Berita Dit. API – DJ. PPI - KLHK

Bimbingan Teknis Adaptasi Perubahan Iklim

Pontianak, 3-7 April 2017

Merujuk  hasil perhitungan kerentanan dalam SIDIK - Sistem Informasi Data Indeks Kerentanan terkini yang dikembangkan oleh KLHK menunjukkan bahwa Provinsi Kalimantan Barat memiliki jumlah desa sangat rentan cukup banyak, yaitu 300 desa (dari jumlah total 2109 desa) atau sekitar 14%.

Menurut wakil Bappeda Provinsi Kalimantan Barat, terutama Pontianak, telah mengalami masalah ketersediaan air bersih dan masalah intrusi air laut, selain masalah kebakaran lahan dan hutan. Sementara pengetahuan dan kapasitas para pemangku kepentingan, termasuk pemerintah daerah, dianggap masih kurang sehingga perlu dilakukan upaya peningkatan kapasitas segera untuk menghindari atau mengurangi risiko dan kerugian yang besar.

Dalam rangka mengatasi dan mengantisipasi dampak perubahan iklim ke depan di Kalimantan Barat, KLHK menyelenggarakan kegiatan peningkatan kapasitas dalam bentuk bimbingan teknis penyusunan aksi adaptasi perubahan iklim secara umum di Pontianak dari tanggal 3 – 7 April 2017. Acara bimbingan teknis ini utamanya dilakukan untuk mensosialisasikan Peraturan Menteri LHK No. 33 Tahun 2016 tentang Pedoman Penyusunan Rencana Aksi Adaptasi Perubahan Iklim secara rinci, termasuk di dalamnya kajian kerentanan, pilihan aksi adaptasi berbasis ekosistem dan komunitas (PROKLIM) serta prioritisasi dan integrasinya ke dalam rencana pembangunan wilayah.

adappontiPeserta terdiri dari wakil OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait yang menangani bidang Lingkungan Hidup, Kehutanan, Kesehatan, Pertanian, Perencanaan Pembangunan Daerah, UPT (Unit Pelaksanan Teknis) KLHK, serta pemangku kepentingan terkait lainnya di wilayah Provinsi Kalimanta Barat seperti: Bappeda, BLHD, Dinas Kelautan dan Perikanan, BPBD, Dinas Kesehatan, Dinas Kebersihan dari Kota Pontianak, Kab. Kubu Raya, Kab. Menpawah, Provinsi Kalimantan Barat, serta Universitas Tanjungpura. Sedangkan narasumber, berasal dari KLHK dan diperkuat oleh pakar dari IPB.

Setelah mengikuti acara bimbingan teknis ini diharapkan pengetahuan dan keterampilan para peserta mengenai isu perubahan iklim, dampak/ risiko meningkat dan mampu menyusun rencana adaptasi dan selanjutnya dapat diterapkan dalam proses perencanaan kedepan di masing-masing unit kerja dimana mereka bekerja.

Informasi lebih lanjut :

Dra. Sri Tantri Arundhati, M.Sc.

Direktur Adaptasi Perubahan Iklim

Telp: 021 – 5747054

Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Tags: Adaptasi Perubahan Iklim

membagi informasi ini: