SOSIALISASI PENGEMBANGAN PROKLIM WILAYAH SUMATERA

SOSIALISASI PENGEMBANGAN PROKLIM WILAYAH SUMATERA

DI BATAM, KEPULAUAN RIAU, 29 S/D 30 MARET 2017

Bertempat di Hotel Nagoya Plasa Jl. Imam Bonjol Lubuk Baja, Batam, Provinsi Kepulauan Riau. Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan Wilayah Sumatera, Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim, Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyelenggarakan Sosialisasi Pengembangan Program Kampung Iklim (ProKlim), pada hari rabu dan kamis tanggal 29 dan 30 Maret 2017.

Narasumber pada kegiatan ini adalah Kepala Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan Wilayah Sumatera (Ir. Denny Martin, M.Si) yang menyampaikan materi mengenai tugas pokok dan fungsi Balai PPIKHL dan gambaran umum pelaksanaan ProKlim di Wilayah Sumatera;  kemudian dilanjutkan oleh Kasubdit Adaptasi Ekologi Direktorat Adaptasi Perubahan Iklim (Ir. Tri Widayati, M.T.) dengan paparan terkait kebijakan pelaksanaan ProKlim; Kepala Seksi Perangkat Mitigasi Direktorat Mitigasi Perubahan Iklim (Eko Prasondita, S.Hut., M.Sc.) yang menyampaikan materi Identifikasi Aksi Mitigasi Sektor Kehutanan, Pertanian, dan Peternakan; dan ditutup oleh presentasi Bpk. Sumino (Tim Teknis ProKlim).

Peserta Kegiatan Sosialisasi ProKlim adalah perwakilan pemerintah provinsi se-sumatera (10 Provinsi), perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten/Kota lingkup Provinsi Kepulauan Riau, serta perwakilan dunia usaha, APIK dan DAOPS Manggala Agni Batam Kota yang keseluruhannya berjumlah 35 orang.

Tujuan Kegiatan Sosialisasi ProKlim adalah : (1) mensosialisasikan pedoman pelaksanaan Program Kampung Iklim serta tata cara pengusulannya ; (2) memberikan motivasi, pengetahuan dan keterampilan berbagai pihak dalam melakukan inovasi dan teknologi di bidang adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang dapat diterapkan di daerah sesuai dengan kondisi wilayah dan kebutuhan masyarakat setempat ; dan (3) mendorong komitmen para pemangku kepentingan melalui kemitraan untuk mendukung pembentukan dan pelaksanaan ProKlim dalam rangka meningkatkan upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim.

Keluaran (output) yang diharapkan dari kegiatan ini adalah tersosialisasikannya pedoman pelaksanaan ProKlim serta tata cara pengusulannya agar meningkatkan komitmen para pihak dalam rangka meningkatkan upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim.

Tags: Adaptasi Perubahan Iklim

membagi informasi ini: