Liputan Khusus dari Bonn - Germany

 

UNFCCC kembali melaksanakan pertemuan untuk membahas mandat dari perjanjian Paris.

Pertemuan ini berlangsung di World Conference Center Bonn - Jerman dan dihadiri oleh 197 negara. Pertemuan Bonn terdiri dari tiga persidangan yaitu Subsidiary Body for Implementation (SBI ke 44),  Subsidiary Body on Scientific, Technical and Technological Advice (SBSTTA ke 44) dan Adhoc Working Group on Paris Agreement. yang berlangsung dari Tanggal 16 – 26 Mei 2016. 

Selama pertemuan berlangsung Delegasi Indonesia memperjuangkan kepentingannya melalui intervensi pada persidangan-persidangan tersebut. Tidak semua mandat dapat diselesaikan di Bonn,  negara-negara para pihak konvensi perubahan iklim akan kembali bertemu pada COP 22 di Marrakesh-Maroko di akhir tahun ini.

Selama dua minggu bernegosiasi,  kesimpulan-kesimpulan dan keputusan disepakati. Keputusan yang penting termasuk permintaan kepada negara para pihak untuk mempersiapkan submisi terhadap elemen-elemen Perjanjian Paris yg akan diselesaikan di COP 22.

Berikut statement Indonesia di Contact group dan informal consultation di persidangan APA :

 

Statement Indonesia at APA CONTACT GROUP - Bonn-Germany, 23 May 2016

 

Statement Indonesia at APA INFORMAL CONSULTATION - Bonn-Germany, 24 - 25 May 2016 

 

 

 

Tags: Sekretariat Direktorat Jendral, Pengendalian Kebakaran Hutan, Mobilisasi Sumberdaya Sektoral dan Regional, Mitigasi Perubahan Iklim, Inventaris GRK dan Monitoring Pelaporan dan Verifikasi, Adaptasi Perubahan Iklim

membagi informasi ini: