SULAWESI BARAT

SULAWESI BARAT

            Berdasarkan data SIDIK, Potensi kerentanan perubahan iklim di Provinsi Sulawesi Barat disajikan pada peta dan tabel yang tersedia dibawah ini.

 

            Berdasarkan gambar peta yang sudah disajikan diatas dapat diketahui bahwa pada Provinsi Sulawesi Barat terdapat 14 desa yang rentan akibat dari perubahan iklim. Desa yang rentan ditandai dengan warna merah pada gambar peta diatas.

            Pemetaan daerah rentan perubahan iklim ini dapat menjadi acuan untuk instansi agar dapat memfokuskan pada daerah/desa dengan tingkat kerentanan yang tinggi. Selain itu, pemilihan aksi untuk adaptasi dan atau mitigasi pada daerah tersebut dapat menjadi lebih efektif dengan melihat informasi pemetaan daerah kerentanan yang sudah disajikan diatas agar aksi adaptasi dan atau mitigasi dapat berjalan dengan efektif dan efisien.

            Selain pemetaan indeks kerentanan secara umum, melalui data SIDIK dapat diketahui tingkat kerentanan suatu daerah terhadap beberapa bencana alam yang sering terjadi yaitu longsor dan banjir yang disajikan pada gambar dibawah ini.

Peta Daerah Rentan dan Potensi Longsor Wilayah Sulawesi Barat

Peta Daerah Rentan dan Potensi Banjir Wilayah Sulawesi Barat

membagi informasi ini: