Duka mendalam atas musibah tsunami di Pandeglang, Lampung selatan dan sekitarnya. Semoga korban dan yg selamat bisa segera dievakuasi. Doa kami untuk saudara2 kita di sana untuk Tabah kuat.

SISTEM INFORMASI PERUBAHAN IKLIM

Dokumen Perubahan Iklim

Racun Api Bantu Padamkan Karhutla di Riau

Racun Api Bantu Padamkan Karhutla di Riau

10 Januari 2019

Pekanbaru, Memasuki awal Januari 2019, karhutla kembali melanda Riau, tepatnya di Jl. Karya Indah, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar (5/1/2019). Kebakaran kali ini menghanguskan lahan milik ...

selanjutnya
Pedoman Penentuan Aksi Mitigasi Perubahan Iklim

Pedoman Penentuan Aksi Mitigasi Perubahan Iklim

10 Januari 2019

Pemerintah Indonesia mempunyai komitmen di dalam menurunkan emisi gas rumah kaca sebagaimana antara lain tercermin dalam panduan APBN yang dialokasikan oleh setiap Kementerian/Lembaga. Akan tetapi ...

selanjutnya

PRESS RELEASE DITJEN PPI

Hasil Sosialisasi Intergovernmental Panel on Climate Change ke 48
lebih lanjut..
Para Guru Merupakan Agen Perubahan Iklim (Workshop Peningkatan Kapasitas Perubahan Iklim untuk Guru)
lebih lanjut..
HARI AKSI PENGENDALIAN PERUBAHAN IKLIM 2018
lebih lanjut..
KICK OFF SECOND BIENNAL UPDATE REPORT : Wujudkan Pelaporan yang Transparan, Akurat, Kompeten, Komparabel dan Lengkap
lebih lanjut..
DITJEN PPI telah membuat Dokumen tentang IDENTIFIKASI DAN PENGHITINGAN AKSI MITIGASI PADA EVENT ASEAN GAMES 2018
lebih lanjut..
Konsultasi Publik Kajian Sosial, Lingkungan Hidup Strategisdalam rangka Penyusunan SESA dan ESMF, serta Mekanisme Penanganan Keluhan (FGRM) FCPF Carbon Fund Provinsi Kalimantan Timur
lebih lanjut..

Program Kampung Iklim (Proklim)

Program Kampung Iklim (ProKlim) adalah program berlingkup nasional yang dikembangkan Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) untuk mendorong partisipasi aktif masyarakat dan seluruh pihak dalam melaksanakan aksi lokal untuk meningkatkan ketahanan terhadap dampak perubahan iklim dan pengurangan emisi GRK.

Keterangan Progres: : Cultivate (Cultivate Certificate Proklim); : Initiate (Initiate Certificate Proklim); : Development (Proklim Development Certificate); : Proklim (Trophy and Certificate Proklim);

Pengantar

Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim (DJPPI) adalah salah satu unit kerja Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang menangani perubahan iklim khususnya dalam penyelenggaraan mitigasi, adaptasi, penurunan emisi gas rumah kaca, penurunan dan penghapusan bahan perusak ozon, mobilisasi sumber daya, inventarisasi gas rumah kaca, monitoring, pelaporan dan verifikasi aksi mitigasi perubahan iklim serta pengendalian kebakaran hutan dan lahan. Selengkapnya ...

Sekilas Ditjen PPI

Dokumen Perubahan Iklim

Berita Perubahan Iklim Terbaru

  • Manggala Agni Muara Tebo Awali 2019 dengan Menerapkan Eco Daops

    Program Eco Daops di Daerah Operasi Manggala Agni Muara Tebo merupakan lanjutan kegiatan yang telah dilaksanakan sejak pertengahan 2018 lalu. Kegiatan Eco Daops digalakkan untuk mendukung Program Kampung Iklim (Proklim).

  • Daops Bukit Tempurung Kini Lebih Dekat Dengan Masyarakat

    Tanjung Jabung Timur, Berbagai upaya terus dilakukan Manggala Agni Daops Bukit Tempurung dalam mendekatkan diri kepada masyarakat. Hal ini ditunjukkan dengan peran aktif Daops Bukit Tempurung dalam kegiatan sosial di wilayah kerja Daops.

  • Racun Api Bantu Padamkan Karhutla di Riau

    Pekanbaru, Memasuki awal Januari 2019, karhutla kembali melanda Riau, tepatnya di Jl. Karya Indah, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar (5/1/2019). Kebakaran kali ini menghanguskan lahan milik masyarakat seluas  15 Hektar dengan vegetasi semak dan ilalang. Mendapat laporan, 1 regu Manggala Agni Daops Pekanbaru diterjunkan untuk melakukan pemadaman di areal terbakar. Pemadaman juga dibantu oleh 7 orang personel TNI dari Koramil Tapung dan 9 orang MPA.

  • Pedoman Penentuan Aksi Mitigasi Perubahan Iklim

    Pemerintah Indonesia mempunyai komitmen di dalam menurunkan emisi gas rumah kaca sebagaimana antara lain tercermin dalam panduan APBN yang dialokasikan oleh setiap Kementerian/Lembaga. Akan tetapi jumlah dana tersebut sulit diidentifikasi sehingga tidak dapat dilaporkan melalui mekanisme National Communication, seperti pada The First Biennual Update Report dan Third National Communication.

  • Peningkatan Tata Kelola Kehutanan melalui Implementasi REDD+ dalam Konteks Paris Agreement (Pembelajaran pelaksanaan program FCPF Carbon Fund) Indonesia Pavilion- COP24, Katowice, Poland Jumat, 14 Desember 2018

    Sejarah perjalanan REDD+ telah dimulai sejak pembahasan RED COP-11 di Montreal tahun 2005 dan berkembang menjadi REDD+ pada COP 13 di Bali tahun 2007. Indonesia juga telah menghasilkan hasil studi IFCA (Indonesia Forest Climate Alliance) yang menjadi dasar penyusunan fase persiapan (readiness). Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Dr. Nur Masripatin-Penasehat Senior Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Bidang Perubahan Iklim dan Konvensi Internasional pada sesi REDD+ Result Based Payment, Paviliun Indonesia, COP-24 Katowice Polandia pada tanggal 14 Desember 2018. 

  • Peningkatan Kapasitas Penyelenggaraan IGRK dan MPV Tahap II: Saatnya Update Status dan Profil Emisi GRK

    Update status dan profile kekinian biasanya hanya di media sosial. Namun, update status dan profile juga perlu dilakukan terhadap Emisi Gas Rumah Kaca baik di tingkat nasional maupun sub nasional dalam bentuk pelaporan penyelenggaraan inventariasai gas rumah kaca (GRK), seperti yang telah dimandatkan dalam Peraturan Presiden No 71 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Inventarisasi Gas Rumah Kaca Nasional (GRK).

  • Pembinaan Dalam Rangka Pelaksanaan Audit oleh Inspektorat Jenderal Kementerian LHK Pada Balai PPIKHL Wilayah Sumatera

    Palembang -- Inspektorat Jenderal Kementerian LHK laksanakan pembinaan dalam rangka audit internal Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan Wilayah Sumatera, Jumat (21/12/2018). Pembinaan dilakukan oleh Inspektur Wilayah 1 Sumatera, Bapak Ir. Irmansyah Rachman didampingi oleh Kepala Balai PPIKHL Wilayah Sumatera Bapak Israr Albar, S.Hut, M.Sc.

Selengkapnya...


Galeri Video Perubahan Iklim

ayo kita jaga dampak perubahan iklim --

REDD+ dalam 72 tahun Indonesia --

FROM PARIS TO PEKAN NASIONAL PERUBAHAN IKLIM 2017 --

AYOOO PEDULI PERUBAHAN IKLIM - adaptasi dan mitigasi kewajiban kita semua - bumi kita hanyalah satu - ayo kita jaga --

AYOOO PEDULI PERUBAHAN IKLIM - adaptasi dan mitigasi kewajiban kita semua - bumi kita hanyalah satu - ayo kita jaga


Selengkapnya...


Agenda Perubahan Iklim

Selengkapnya...


Statistik Pengunjung

661162
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Semua Hari
267
848
3922
651803
14319
26650
661162

2019-01-18 05:07

Informasi Kontak

Telepon: +62 (21) 5730144
Faksimili: + 62 (21) 5720194
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. atau This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Kantor Utama

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan
Manggala Wanabakti Blok VII, 12th floor
Jl. Gatot Subroto, Senayan
Jakarta - Indonesia

Jejaring Sosial