Pertemuan Penyusunan Kertas Posisi untuk COP27 UNFCCC

 

 

A picture containing text, wall, indoorDescription automatically generated

Pada hari Senin, 19 September 2022, dilaksanakan pertemuan pertama penyusunan kertas posisi Delegasi RI yang akan mengikuti COP-27 UNFCCC di Mesir 6-18 November 2022. Pertemuan ini dimaksudkan untuk menyiapkan posisi dan kepentingan Indonesia dalam perundingan perubahan iklim COP-27 atau disebut dengan Sharm El-Sheikh Climate Change Conference yang akan diikuti oleh Negara pihak maupun pengamat dari seluruh dunia.

Kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 120 peserta baik secara daring maupun luring yang berasal dari perwakilan K/L antara lain Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pertanian, Kementerian Keuangan, Kementerian Perhubungan, Kemenko Marves, KPPPA, Kemenko Ekon, Setkab, K ATR/BPN, dan KKP. Selain itu terdapat juga perwakilan dari Lembaga non pemerintah yang merupakan bagian dari tim substansi untuk memberikan masukan dan pandangan serta menjadi tim negosiasi yang mewakili Indonesia.

Direktur Jenderal PPI Ibu Laksmi Dhewanthi selaku National Focal Point (NFP) to the UNFCCC pada kesempatan ini memimpin secara langsung jalannya pertemuan dan menyampaikan arahan pada sesi pembukaan. NFP menyampaikan bahwa pertemuan ini adalah pertemuan awal dalam proses persiapan Delegasi RI menuju Sharm El-Sheikh Climate Change Conference. Kertas posisi disusun sebagai bekal nantinya untuk tim negosiasi Delri yang akan memperjuangkan kepentingan dan posisi Indonesia pada meja perundingan terhadap isu-isu yang krusial yang belum dapat diputuskan.

Selanjutnya disampaikan juga bahwa persiapan tidak hanya dilaksanakan bagi tim negosiasi namun juga bagi delegasi yang mendukung proses penjangkauan baik melalui mandated event, side event, parallel event termasuk juga untuk Pavilliun Indonesia.

Proses penyusunan kertas posisi dilaksanakan melalui diskusi terpumpun pada 13 isu negosiasi yang dipimpin oleh masing-masing lead negotiator. Hasil diskusi yang dihasilkan pada pertemuan ini kemudian ditinjau bersama yang ditanggapi secara langsung oleh Penasehat Senior Menteri Bidang Perubahan Iklim, dan konvensi internasional, Dr. Nur Masripatin. Semua masukan dan pandangan yang disampaikan akan menjadi konsep awal kertas posisi untuk selanjutnya dikompilasi dan menjadi bahan pembahasan utama pada pertemuan penyusunan kertas posisi berikutnya.

A picture containing person, indoor, peopleDescription automatically generated

Tags: Mobilisasi Sumberdaya Sektoral dan Regional, Liputan COP22 Marakesh

membagi informasi ini: