STAND DITJEN PPI BERIKAN EDUKASI KEPADA MASYARAKAT PADA PUNCAK HKAN 2022

 

Stand Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim (Ditjen PPI) memberikan edukasi tentang perubahan iklim untuk masyarakat pada Puncak Acara Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) 2022 yang digelar di Taman Nasional Bali Barat (TNBB) 31 Agustus - 2 September 2022.

 

Anis Susanti Aliati, Kasubdit Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan, ditemui di stand pameran Ditjen PPI mengungkapkan tantangan besar bagi kita adalah menjaga kelestarian hutan di Indonesia serta meningkatkan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia yang ikut berperan dalam konservasi dan perubahan iklim. 

 

Ditjen PPI dalam kesempatan pameran HKAN 2022 ini mengambil tema "Care About Climate Change". Anis menjelaskan banyaknya peserta yang datang dari seluruh Indonesia merupakan peluang untuk memberikan edukasi tentang pengendalian perubahan iklim dan target yang harus diraih bersama pada 2030. 

 

Lebih lanjut Anis menjelaskan stand pameran Ditjen PPI memberikan informasi berkaitan dengan program-program yang telah dilaksanakan dalam rangka pengendalian perubahan iklim. 

 

"Kegiatan yang kami sosialisasikan disini antara lain pengendalian karhutla, aksi Program Kampung Iklim (Proklim), Sistem Registri Nasional Pengendalian Perubahan Iklim, Nilai Ekonomi Karbon, dan sebagainya," jelas Anis.

 

Berkaitan dengan pengendalian karhutla pada target pencapaian Folu Net Sink 2030, Anis menjelaskan sektor kehutanan dan lahan berkontribusi terhadap 17% dari 29% target penurunan emisi seluruh sektor dalam skenario tanpa syarat (unconditional) atau 24% dari 41% target penurunan emisi seluruh sektor dalam skenario bersyarat (conditional).

 

"Kita sudah berhasil mengendalikan karhutla sejak kejadian karhutla 2015. Kita melihat emisi yang dihasilkan setengahnya berasal dari dari karhutla di gambut," jelas Anis.

 

Stand Ditjen PPI banyak dikunjungi oleh siswa-siswi SD, SMP, SMA, serta masyakarat umum. Ramainya stand Ditjen PPI didorong oleh keingintahuan tentang perubahan iklim dan menariknya permainan-permainan yang melengkapi kesemarakan stand. Selain itu, hadirnya maskot Si Pongi juga turut meramaikan stand Ditjen PPI pada HAKN kali ini. Di akhir acara pameran, panitia memberikan aprisiasi kepada para peserta pameran. Stand Ditjen PPI mendapatkan apresiasi sebagai Juara Favorit 2.

 

Pada gelaran HKAN di TNBB ini, selain dapat melihat dan menikmati keindahan panorama alam TNBB, berbagai kegiatan menarik dan edukatif terkait konservasi juga digelar. Seperti: Jambore Nasional Konservasi Alam, Pameran UMKM dan taman nasional serta taman wisata alam, pentas seni, sarsehan, talkshow, penyerahan Anugerah Konservasi Alam, pelepasliaran 108 Curik Bali atau Jalak Bali, penanaman 2022 pohon Mangrove, transplantasi koral dan pelepasan tukik serta pelepasliaran 3 ekor lumba-lumba hasil penyelamatan yang sudah dipasang crown gigi.

 

 

Tags: Pengendalian Kebakaran Hutan

membagi informasi ini: