KLHK BENTUK MPA DI MELAWI BERSAMA KOMISI IV DPR RI

 

 

KLHK bekerjasama dengan Anggota Komisi IV DPR RI, Yesy Melania, melakukan kegiatan Sosialisasi dan Pembentukan Masyarakat Peduli Api (MPA) di Desa Tembawang Panjang, Kecamatan Nanga Pinoh, Kabupaten Melawi, Provinsi Kalimantan Barat, 2 – 3 Agustus 2022.

 

Acara dilaksanakan di Aula Kurnia Waterpark, Desa Tembawang Panjang dengan jumlah peserta 30 orang berasal dari Dusun Tembawang Panjang dan Dusun Bukit Batu yang direkrut menjadi anggota MPA melalui Keputusan Kepala Desa Tembawang Panjang. Hal ini disampaikan oleh Kadarwanto, Kepala Daops Manggala Agni Kalimantan XI/Sintang. 

 

Dalam acara pembukaan acara kegiatan sosialisasi dan pembentukan MPA hadir perwakilan Forkomcam, yaitu Sekretaris Camat Nanga Pinoh, Babinsa Nanga Pinoh, dan juga Kepala Desa Tambawang Panjang, dibuka oleh Kasubdit Pencegahan Karhutla, dan diawali dengan sambutan dari Anggota Komisi IV DPR RI, Yessy Melania. 

 

Dalam sambutannya saat membuka acara, Yessy Melania menyampaikan bahwa di Melawi pernah terjadi kebakaran hutan yang cukup besar pada tahun 2015 yang berdampak pada tutupnya jalur transportasi udara. Oleh karena itu, perlu komitmen dan upaya bersama untuk mengatasi ancaman karhutla di kabupaten Melawi. 

 

“Selain karhutla, ancaman perubahan iklim juga sudah banyak dirasakan oleh masyarakat Melawi. Sungai yang tercemar dari sampah dan juga industri menyebabkan kualitas air menjadi buruk dan berdampak pada timbulnya berbagai jenis pemyakit di masyarakat. ,” tambah Yessy. 

 

Hal ini juga kembali ditegaskan oleh Anis Susanti Aliati. Dalam sambutannya saat membuka acara, Anis menyampaikan bahwa kebakaran hutan yang terjadi tahun 2015 menjadi pembelajaran bagi bangsa Indonesia untuk kemudian merubah paradigma pengendalian karhutla dengan menitikberatkan pada upaya pencegahan. 

 

“Sesuai arahan Presiden Jokowi bahwa dalam pencegahan karhutla dilakukan melalui sinergi dengan para pihak dan pelibatan masyarakat. MPA sebagai bagian dari masyarakat ini diharapkan dapat menjadi mitra KLHK dalam pengendalian karhutla di tingkat tapak,” jelas Anis. 

 

Sebagai aksi pengendalian perubahan iklim, acara pembukaan Sosialisasi dan Pembentukan MPA di Desa Tembawang Panjang juga dilakukan penanaman di sekitar lokasi kegiatan oleh pejabat yang hadir dalam pembukaan tersebut. 

 

Selanjutnya acara Sosialisasi dan Pembentukan MPA dilanjutkan dengan pemberian materi yang disampaikan oleh Kepala Seksi Perlindungan dan Pemberdayaan Masyarakat, KPH Wilayah Melawi dengan tema Peran KPH dalam Pengendalian Karhutla dan dilanjutkan dengan materi terkait dasar-dasar perubahan iklim dan pengendalian karhutla oleh Manggala Agni Daops Kalimantan XI/Sintang. 

Kegiatan di hari kedua dilakukan praktek pengendalian karhutla, dengan simulasi pemadaman karhutla yang dilaksanakan di Kantor Desa Tembawang Panjang.

 

Tags: Pengendalian Kebakaran Hutan

membagi informasi ini: