FASILITASI PENYEDIAAN DATA INVENTARISASI GRK DAN PENINGKATAN KAPASITAS PROVINSI TAHAP I TAHUN 2022

 

FASILITASI PENYEDIAAN DATA INVENTARISASI GRK DAN PENINGKATAN KAPASITAS PROVINSI TAHAP I TAHUN 2022

 

 

SETDITJENPPI- Direktorat Inventarisasi GRK dan MPV mengadakan kegiatan “Fasilitasi Penyediaan Data Inventarisasi GRK dan Peningkatan Kapasitas Provinsi Tahap I Tahun 2022” untuk Region Sumatera, Jawa dan Kalimantan pada tanggal 27- 28 Juli 2022. Kegiatan ini diawali dengan Sambutan, Arahan dan Pembukaan oleh Direktur Jenderal PPI, Ibu Laksmi Dhewanthi. Narasumber membahas topik terkait Sektor Energi (Kementerian ESDM), Sektor IPPU (Kementerian Perindustrian dan Perdagangan), Sektor Pertanian (Kementerian Pertanian), Sektor Kehutanan (Ditjen PKTL Kementerian LHK), Sektor Limbah (Ditjen Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 Kementerian LHK).

Kegiatan perhitungan GRK di Indonesia dilakukan dengan bantuan teknologi informasi, kegiatan inventarisasi dan perhitungan emisi GRK nasional dengan basis elektronik-online dan informasi teknologi (IT). Alat bantu tersebut dinamakan Sistem Inventarisasi GRK Nasional (SIGN-SMART), yang telah dikembangkan sejak awal tahun 2015. SIGN-SMART merupakan penyederhanaan dari metode IPCC (The Intergovernmental Panel on Climate Change) yang dapat diakses secara luas baik nasional dan internasional. Dinamakan SMART karena sistem ini dirancang secara Sederhana, Mudah, Akurat, Ringkas dan Transparan. Data nasional dan daerah pun tersaji sedemikian rupa di dalam aplikasi ini dan merupakan informasi penting terkait kondisi gas rumah kaca. Selain sektor lahan, sektor non lahan menjadi perhatian penting bagi pemerintah terkait dengan penurunan emisi gas rumah kaca sesuai dengan mandat dokumen NDC Indonesia.

Kegiatan ini sedianya dilaksanakan rutin setiap tahun di Jakarta, namun mengingat kondisi pandemi Covid-19, kegiatan ini tidak dapat terlaksana di tahun 2020 dan 2021, dan baru dapat dilaksanakan lagi pada tahun 2022 dengan dukungan dari Project Strengthening the Capacity of Institution in Indonesia to Comply with The Transparency Requirement of The Paris Agreement (CBIT Indonesia) 2022 – 2025.

Pertemuan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan peserta tentang penyelenggaraan inventarisasi GRK di tingkat  nasional dan sub nasional, serta memfasilitasi penyediaan data Inventarisasi GRK dan peningkatan kapasitas provinsi untuk region Sumatera, Jawa dan Kalimantan guna peningkatan kualitas dan kuantitas pelaporan IGRK.

Peserta yang hadir dalam kegiatan ini berjumlah sekitar 90 peserta berasal dari lingkup Kementerian LHK, Kementerian dan Lembaga lain, dan Dinas Lingkungan Hidup. Peserta yang telah memberikan rekomendasi kepada Direktorat IGRK MPV nantinya akan dimasukkan kedalam rencana perbaikan dalam pelaksanaan inventarisasi GRK.

Dengan telah dilakukannya FGD ini, diharapkan pemahaman dan pengetahuan peserta tentang penyelenggaraan Inventarisasi GRK khususnya di tingkat sub nasional meningkat, masalah yang teridentifikasi dan kendala yang dihadapi, serta pelaporan inventariasi GRK provinsi pada region tersebut semakin meningkat baik dari segi kuantitas maupun kualitasnya.

 

 

 

C:UsersPPI1AppDataLocalMicrosoftWindowsINetCacheContent.WordWhatsApp Image 2022-07-29 at 10.52.55.jpeg

Tags: Inventaris GRK dan Monitoring Pelaporan dan Verifikasi

membagi informasi ini: