PAMERAN PKHL PADA 2nd EDM-CSWG G20

 

 

 

Direktorat Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (PKHL) berpartisipasi menggelar exhibition atau pameran pada 2nd Environment Deputies Meeting and Climate Sustainability Working Group (EDM-CSWG) G20 di hotel Shangrila-Jakarta, 19-21/6/2022.

 

Basar Manullang, Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, mengungkapkan Direktorat Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan ikut serta dalam exhibition ini untuk menunjukan upaya-upaya dan keberhasilan pengendalian karhutla di Indonesia kepada para peserta pertemuan yang berasal dari anggota negara G20 tersebut.

 

“Sejak kebakaran 2015, kita terus berbenah untuk mencari solusi permanen pengendalian karhutla. Kita bersyukur karhutla di Indonesia mengalami penurunan baik luasan maupun jumlah hotspot. Hal ini perlu kita sampaikan kepada pihak luar agar upaya-upaya tingkat tapak yang kita lakukan bisa dijadikan pembelajaran,” jelas Basar.

 

Pameran ini juga disediakan oleh KLHK untuk memberikan kesempatan kepada mitra-mitra untuk dapat berpartisipasi dan berkontribusi pada penyelenggaraan 2nd EDM-CSWG. Disamping itu, pameran juga dapat dijadikan sarana penyebaran informasi upaya-upaya yang sudah dilakukan baik pemerintah, pemerintah daerah, swasta dan masyarakat dalam bersama-sama mewujudkan pengelolaan sumberdaya yang lestari dan lingkungan yang lebih baik.

 

KLHK menyediakan empat belas booth yang disediakan sebagai complimentary untuk mitra kerja Ditjen Pengendalian Perubahan Iklim dan Ditjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan. 

 

Sementara Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim, Kementerian LHK, Laksmi Dhewanthi, yang juga sekaligus Chair 2nd EDM-CSWG pada saat pembukaan pertemuan menyampaikan, sebanyak 196 delegasi hadir dalam pertemuan kedua ini yang berasal dari negara anggota G20, negara undangan, dan organisasi internasional. 

 

"Sebanyak 120 delegasi hadir secara faktual di Jakarta, dan 76 delegasi lainnya mengikuti pertemuan secara virtual," ungkap Laksmi.

 

Indonesia, dalam Presidensi G20 tahun ini menunjukkan kepemimpinan dan komitmen tinggi dalam berbagai isu strategis. Salah satunya adalah pengelolaan lingkungan hidup dan upaya pengendalian perubahan iklim. 

 

EDM-CSWG pada Presidensi G20 Indonesia kali ini, mengusung tiga isu prioritas. Pertama mendukung pemulihan yang berkelanjutan (supporting more sustainable recovery). Kedua peningkatan aksi berbasis daratan dan lautan untuk mendukung perlindungan lingkungan hidup dan tujuan pengendalian perubahan iklim. Ketiga, Peningkatan mobilisasi sumber daya untuk mendukung perlindungan lingkungan hidup dan tujuan pengendalian perubahan iklim (enhancing resource mobilization to support environment protection and climate objectives).

 

 

Tags: Pengendalian Kebakaran Hutan

membagi informasi ini: