EDUKASI PENDIDIKAN LINGKUNGAN MANGGALA AGNI DAOPS BATAM

 

Manggala Agni Daops Sumatera VIII/ Batam menerima kunjungan pendidikan lingkungan dari siswa-siswi SMP Muhammadiyah Plus Kota Batam. Rangkaian kegiatan ini berlangsung selama dua hari (24 s/d 25 Mei 2022). Kegiatan ini diikuti lebih dari 150 siswa beserta guru pendamping. Selain memperkenalkan Manggala Agni sebagai Brigade Pengendali Kebakaran Hutan dan Lahan, siswa-siswi juga mengikuti simulasi pemadaman karhutla, bermain game, dan juga penanaman pohon.

Sebelum dilakukan simulasi pemadaman karhutla, siswa-siswi SMP Muhammadiyah Plus Kota Batam diberikan pemahaman ringkas terkait dengan karhutla dan dampaknya. Hal ini dilakukan sebagai upaya dini mengubah pola pikir siswa-siswi sehingga menjadi agen perubahan pencegahan karhutla serta memberikan motivasi kepada siswa-siswi untuk dapat berperan dalam upaya pengendalian karhutla. Siswa-siswi mendapat pengalaman secara langsung dalam melakukan simulasi pemadaman menggunakan peralatan yang telah disiapkan dan dipandu langsung oleh Anggota Manggala Agni Daops Batam. 

Peningkatan kesadaran tentang lingkungan salah satunya dapat diperoleh melalui proses pendidikan melalui upaya menanggulangi masalah tentang lingkungan yaitu dengan menanamkan sikap peduli lingkungan sejak dini kepada generasi muda. Kegiatan dengan tema contextual teaching and learning ini dilaksanakan dengan tujuan memberikan edukasi kepada generasi muda pentingnya menjaga lingkungan, salah satunya berupa pengenalan dampak dan bahaya kebakaran hutan dan lahan. 

 

 

Tags: Sekretariat Direktorat Jendral, Pengendalian Kebakaran Hutan

membagi informasi ini: