AKTIFKAN PELIBATAN PEREMPUAN DALAM DALKARHUTLA, PEMBENTUKAN MPA KECAMATAN BENGALON REKRUT PEREMPUAN - PEREMPUAN TANGGUH

 

WhatsApp Image 2022-06-07 at 12.37.52 PM (6).jpeg

Praktek Pembuatan Papan Peringatan Sistem Peringkat Bahaya Kebakaran (SPBK) oleh peserta

Bengalon_BPPIKHL Kalimantan. Aktifkan pelibatan perempuan dalam pengendalian kebakaran hutan dan lahan (karhutla) Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan (PPIKHL) Wilayah Kalimantan rekrut perempuan tangguh sebagai anggota Masyarakat Peduli Api (MPA), Selasa (7/06/2022).

Sebanyak 12 perempuan secara sukarela bergabung menjadi anggota MPA Kecamatan Bengalon, Kabupaten Kutai Timur Provinsi Kalimantan Timur yang dibentuk oleh  Manggala Agni Daerah Operasi (Daops) Kalimantan XIII/Sangkima pada tanggal 6 s.d 7 Juni 2022.

"Kami harapkan dengan bergabungnya para perempuan tangguh menjadi anggota MPA akan membawa dampak dalam perubahan pola pikir dan gaya hidup dalam kegiatan pengendalian karhutla" tutur Bambang Supriyadi, Kepala Daops Kalimantan XIII/Sangkima (07/06/2022).

WhatsApp Image 2022-06-07 at 12.37.52 PM (4).jpegWhatsApp Image 2022-06-07 at 12.37.52 PM.jpeg

Penyampaian Teori Pengendalian perubahan iklim dan karhutla serta presentasi oleh peserta

Bambang juga menuturkan bahwa selama ini saat menjalankan kegiatan pengendalian karhutla kaum perempuan juga aktif turut serta membantu jalannya kegiatan.

"Selama ini kaum perempuan juga turut aktif dalam kegiatan sosialisasi dalkarhutla, jika ada kegiatan patroli dari anggota Manggala Agni para perempuan sangat antusias, dalam kegiatan pemadaman pun mereka turut serta, tidak kalah dengan kaum  laki-laki," tambah Bambang.

Bambang juga menjelaskan bahwa perempuan memiliki potensi besar dalam kegiatan pengendalian pengendalian peruabahan iklim dan pencegahan karhutla, banyak kegiatan domestik yang dilakukan para wanita yang secara tidak langsung ramah dengan kegiatan pencegahan kebakaran hutan dan lahan seperti menjaga lingkungan rumah tetap asri dan hijau.

Dalam kegiatan pembentukan dan pembinaan MPA yang dilaksanakan di Desa Sepaso ini direkrut 30 anggota MPA.  Para peserta pembentukan MPA diberikan berbagai materi yang dapat mendukung tugas mereka dalam pelaksanaan tugas pengendalian karhutla.

Bambang juga menjelaskan bahwa para peserta diberikan materi mengenai Teori Dasar Kebakaran Hutan dan Lahan, Pemetaan Desa Partisipatif, pengenalan alat dalkarhutla dan praktek penggunaannya yang dapat membantu dalam pelaksanaan tugas dalam pengendalian karhutla.

Selain materi megenai dalkarhutla para peserta juga diberikan teori pengenai dasar-dasar Pengendalian perubahan iklim seperti kegiatan adaptasi dan mitigasi peruabahn iklim serta program kampung iklim.

"Kami juga menyampaikan materi mengenai gambaran umum kegiatan pengendalian perubahan iklim, dengan harapan masyrakat dimana MPA berada menjadi masyarakat yang peduli terhadap lingkungan di desanya, dan mampu berpartisipasi aktif terhadap perubahan iklim bumi kita misalnya dengan membentuk desa Proklim" pungkas Bambang.

WhatsApp Image 2022-06-07 at 12.37.52 PM (9).jpegWhatsApp Image 2022-06-07 at 12.38.17 PM (1).jpeg

Praktek pengenalan alat dalkarhutla dan simulasi pemadaman

Sementara Hermansyah, Komandan Posko (Danpos) Kebakaran hutan dan lahan Kecamatan Bengalon  mengapresiasi pembentukan MPA di Kecamatan Bengalon.

“Saya sangat mengapresiasi dan terima kasih telah melakukan  kegiatan Pembentukan MPA ini, mengingat Kecamatan Bengalon sering terpantau titik panas atau hotspot, saya harap kedepannya semua desa yang ada di Kecamatan Bengalon juga dapat dibentuk MPA nya dan terakhir untuk MPA yang sudah dibentuk agar dapat meningkatkan konstribusi dan kepedulian terhadap pengendalian kebakaran hutan dan lahan”, tutur Hermansyah.

WhatsApp Image 2022-06-07 at 12.37.52 PM (3).jpeg

Foto bersama

Selain oleh Manggala Agni Daops Kalimantan XIII/Sangkima, acara pembentukan MPA di Kecamatan bengalon ini juga dihidiri oleh staf Koordinator Manggala Agni Provinsi Kalimantan Timur dan Utara.

(Tim Humas Balai PPIKHL Wilayah Kalimantan 2022, Daops Kalimantan XIII/Sangkima, AF/EE)

 

Tags: Sekretariat Direktorat Jendral, Pengendalian Kebakaran Hutan

membagi informasi ini: