DIREKTORAT IGRKMPV MEMPERKUAT KUALITAS PENGHITUNGAN EMISI GAS RUMAH KACA PROVINSI KALIMANTAN TENGAH

 

 

 

IGRKMPV- Kondisi saat ini mengindikasikan bahwa penyelenggaraan IGRK di sub nasional masih menghadapi sejumlah kendala/hambatan, utamanya terkait kapasitas SDM di sub nasional, penyediaan data aktivitas, mekanisme koordinasi dan pengaturan kelembagaan. Guna memfasilitasi sub nasional dalam mengatasi kendala/ hambatan dimaksud, khususnya dalam penyediaan data aktivitas, Direktorat IGRK dan MPV dengan dukungan dari Balai PPIKHL Wilayah Kalimantan, menyelenggarakan Bimbingan Teknis Penghitungan Emisi GRK melalui aplikasi SIGN-SMART, dengan mengambil tempat di Bahalap Hotel, Kota Palangkaraya, pada tanggal 24 Mei 2022.

 

Acara Bimtek yang dihantarkan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalteng dan dibuka secara resmi oleh Direktur IGRK dan MPV ini dilaksanakan dengan metode penyampaian materi teknis dan simulasi (exercise) pengisian data SIGN-SMART Provinsi Kalteng pada setiap sektor. Karenanya Bimtek dilakukan secara tatap muka langsung dengan melibatkan perwakilan dari UPT KLHK, akademisi, dan OPD terkait lingkup Provinsi Kalteng yang mengampu sejumlah sektor, seperti BPKH, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Ternak, Dinas Kehutanan, BPS, Dinas ESDM, Dinas Perhubungan, dan Bappeda.

Sesi pertama Bimtek diawali dengan penyampaian up date regulasi dan mekanisme penyelenggaraan IGRK oleh Kasubdit Inventarisasi GRK (Irawan Asaad), dilanjutkan dengan review atas penyelenggaraan IGRK dan MPV pada region Kalimantan oleh Kepala Balai PPIKHL Wilayah Kalimantan (Jhony Santoso) dan dipungkasi dengan paparan terkait sampai sejauh mana keterlibatan dan peran SKPD serta mekanisme penyediaan data dalam pelaporan IGRK dan aksi perubahan iklim oleh Kabid Tata Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalteng (Adhiaksa Prasidapati).

 

Diskusi yang mengemuka pada sesi pertama ini diantaranya terkait time line pelaporan IGRK yang dimandatkan pada Perpres Nilai Ekonomi Karbon (NEK) 98 tahun 2021, keberlanjutan platform untuk menghimpun data dari OPD pengampu sektor lingkup Provinsi Kalteng, dan isu keterkaitan Net Sink FOLU 2030 dengan penyelenggaraan IGRK.

 

Narasumber dari Direktorat IGRK dan MPV pada sesi siang memperdalam pengetahuan peserta untuk memahami dan mengidentifikasi ketersediaan data Inventarisasi GRK Sub Nasional melalui platform SIGN-SMART untuk sektor pertanian (Heri Purnomo), kehutanan (Endah Riana), limbah (Allan Rosehan) dan energi serta IPPU (Prasetyadi Utomo). Sesi ini dilanjutkan oleh para narasumber di setiap sektor untuk melakukan simulasi dan juga exercise atas data-data yang telah diinput oleh DLH Provinsi Kalteng, sekaligus melakukan konsolidasi data, validasi data dan memetakan ketersediaan data dari OPD pengampu sektor yang hadir guna meningkatkan kualitas data IGRK Provinsi Kalteng.

 

Kasubdit Inventarisasi GRK Ditjen PPI KLHK menutup acara Bimtek dengan menyampaikan beberapa rekomendasi tindak lanjut, yaitu agar DLH Provinsi Kalteng memfasilitasi Bimtek untuk Kabupaten/Kota, melakukan on the job training untuk peningkatan kapasitas Balai PPIKHL Wilayah Kalimantan, penguatan kelembagaan IGRK Provinsi Kalteng dan penambahan fitur SIGN-SMART guna mempermudah pemantauan laporan IGRK untuk setiap region. 

 

Penulis berita :  Allan Rosehan Y

Penanggungjawab berita :  Irawan Asaad

 

Tags: Inventaris GRK dan Monitoring Pelaporan dan Verifikasi

membagi informasi ini: