MENJARING DATA, MENINGKATKAN AKURASI ESTIMASI DAN KONTINYUITAS PELAPORAN IGRK DI REGION MALUKU PAPUA

 

 

../../../../../Downloads/PhotoGrid_1654482121844%20(1

 

“kami memerlukan dukungan peningkatan kapasitas operator SIGN-SMART dan menyarankan agar ada reward untuk provinsi yang telah menyelenggarakan dan melaporkan IGRK dengan baik”

(Kabid Peningkatan kualitas lingkungan dan peningkatan kapasitas DLHK provinsi Papua, Yaconias Maitindom).

 

“Kurikulum, penelitian dan pengabdian masyarakat, dan aktivitas pusat studi Universitas Cendrawasih belum secara tegas menyinggung dan berkaitan dengan program IGRK.”

(Dr. Basa T. Rumahorbo, Dosen Universitas Cendrawasih)

IGRKMPV- Petikan di atas adalah beberapa poin yang mengemuka pada acara workshop “Penjaringan Data IGRK Sub Nasional Wilayah Maluku Papua”, 2 - 3 Juni 2022, di Hotel Horison Kotaraja, Provinsi Papua. Workshop diselenggarakan atas kerjasama Direktorat IGRK dan MPV bersama dengan Balai PPIKHL Wilayah Maluku Papua. 

 

Workshop ditujukan untuk memperkuat peran dan kapasitas Instansi/OPD pengampu data sektoral lingkup region Maluku dan Papua dalam penyelenggaraan dan pelaporan IGRK, khususnya untuk memahami jenis-jenis data aktivitas yang akan diinput ke dalam SIGN-SMART secara lebih baik dan akurat, termasuk juga menyamakan persepsi dengan para pihak, seperti Bappeda provinsi yang juga memiliki platform sejenis, merumuskan kembali atau menyempurnaan keberadaan Kelompok Kerja (Pokja) yang telah ada agar berfungsi lebih efektif dan efisien. Disinggung juga untuk membentuk APIKI di Provinsi Papua.

 

Tim Direktorat IGRK dan MPV membekali peserta untuk dapat memahami dan mengidentifikasi ketersediaan data Inventarisasi GRK Sub Nasional melalui pemaparan penjaringan data SIGN-SMART untuk sektor pertanian (Heri Purnomo), kehutanan (Endah Riana), limbah (Allan Rosehan) dan energi serta IPPU (Prasetyadi Utomo). 

 

Guna memperdalam pengetahuan peserta dan mengidentifikasi/menjaring data dari OPD terkait, dilakukan simulasi dan juga exercise atas data-data yang telah diinput oleh DLH Provinsi Papua, sekaligus melakukan konsolidasi data, validasi data dan memetakan ketersediaan data dari OPD pengampu sektor yang hadir guna meningkatkan kualitas data IGRK Provinsi Papua.

 

“Kami menunggu laporan IGRK dari Propinsi Papua, setidaknya pada tahun depan” ujar Irawan Asaad (Kasubdit IGRK dan MPV) di sesi terakhir penyampaian pelaporan sub nasional. Mengingat modalitas yang telah kita miliki yaitu: platform SIGN-SMART, dukungan kuat OPD terkait, kesiapan Universitas untuk terlibat dan tentunya dukungan fasilitasi dari Balai PPIKHL Wilayah Maluku Papua.

 

DLH Provinsi Papua berharap ada tindak lanjut dari kegiatan ini berupa bimbingan teknis pengisian data dan penyusunan laporan, serta fasilitasi kegiatan serupa untuk lingkup Kabupaten Kota. Kepala Balai PPIKHL Wilayah Maluku Papua (Prianto) sepakat jika kegiatan ini penting untuk dilaksanakan secara kontinyu, sekaligus meminta agar hasil pertemuan ini ditindaklanjuti DLH Provinsi dengan berkoordinasi lebih lanjut kepada contact person dari OPD terkait pengampu data yang telah diidentifikasi dalam workshop ini.

Penulis berita :  Allan Rosehan Y

Penanggungjawab berita :  Irawan Asaad

Tags: Inventaris GRK dan Monitoring Pelaporan dan Verifikasi

membagi informasi ini: