Peningkatan Kapasitas Pemda untuk Optimalisasi Penginputan SIGN SMART di Provinsi Sulawesi Selatan

 


 

Untuk mendukung kehandalan penginputan pelaporan IGRK pada aplikasi SIGN SMART, Direktorat Inventarisasi GRK dan MPV bersama Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan (Balai PPIKHL) Wilayah Sulawesi melaksanakan Peningkatan Kapasitas IGRK dan MPV Penguatan Pemerintah Daerah (Pemda) dalam Pelaporan Nasional Kamis, 17 Maret 2022.

Penguatan peran pemerintah daerah, khususnya di Regional Sulawesi diwujudkan dengan pendistribusian tanggung jawab penginputan data kepada DLH di tiap Provinsi.
Sehingga, dengan peningkatan kapasitas ini penginputan data IGRK dan MPV setiap tahunnya diharapkan semakin baik.

Peningkatan kapasitas dalam bentuk bimtek terkait IGRK dan MPV bagi Pemda dilakukan pada awal tahun untuk mengoptimalkan pengisian SIGN SMART dan pelaporan IGRK data tahun sebelumnya. Pemberian bimtek bagi pemda ini rencananya akan rutin dilakukan dengan sasaran Pemda pada keenam provinsi di Pulau Sulawesi.

Bimtek yang dilaksanakan di Aula Si Pongi Balai PPIKHL Wilayah Sulawesi ini diikuti oleh DPLH Provinsi Sulawesi Selatan dan DLH Kota Makassar. Acara ini dilaksanakan melalui metode virtual via aplikasi zoom meeting dan faktual terbatas.

Narasumber bimtek dari Sub Direktorat Inventarisasi GRK, Seksi IGRK Sektor Kehutanan, dan Seksi IGRK Sektor Limbah pada Direktorat Jenderal PPI membawakan beberapa materi. Materi – materi ini dibagi ke dalam beberapa sesi. 

Pada Sesi I, judul materi yang dibawakan adalah Inventarisasi GRK Nasional dan SubNasional, Identifikasi Data Aktivitas Sektor Lahan, Identifikasi Data Aktivitas Non Lahan. Sesi II Identifikasi kebutuhan subnasional pada Region Sulawesi, Penyusunan timeline kegiatan dan strategi penyelenggaraan Capacity Buildinq di Region Sulawesi. Setelah pemberian materi, peserta didampingi dalam melaksanakan praktek pengisian aplikasi SIGN SMART. Kegiatan ini ditutup dengan pengarahan dari Plt. Kepala Balai PPIKHL Wilayah Sulawesi dengan penyampaian rencana tindak lanjut pasca peningkatan kapasitas.

Tim Publikasi Balai PPIKHL Wilayah Sulawesi / FHS

Dokumentasi Tambahan


 

Tags: Inventaris GRK dan Monitoring Pelaporan dan Verifikasi

membagi informasi ini: