Kegiatan Pemantauan Mitigasi Perubahan Iklim di Sektor Limbah

 

 

Pada tanggal 14 - 16 Maret 2022, BPPIKHL Wilayah Maluku Papua mengadakan pemantauan mitigasi perubahan iklim di sektor limbah dan kehutanan. Kegiatan ini bertujuan untuk memantau dan memvalidasi capaian aktual penurunan emisi GRK di sektor kehutanan dan limbah di Provinsi Papua. Hal ini mengacu pada komitmen Indonesia sebagaimana tertuang dalam Nationally Determined Contribution (NDC) untuk menurunkan emisi GRK secara unconditional di tahun 2030 sebesar 29% dibandingkan Business as Usual (BaU). Sektor limbah dan kehutanan berkontribusi sebesar 0,38% (11 juta ton CO2e) dan 17,20% (497 juta ton CO2e) secara berturut-turut.

Lokasi pemantauan pertama di sektor limbah berada di TPA Koya Koso. Tim BPPIKHL Wilayah Maluku Papua melaksanakan pemantauan bersama Ibu Mesalin Maimbu, M. Env. Sc., Kepala Sub Bidang Pencemaran Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Jayapura dan Bapak Bernhart Rumkoren, M. Si selaku Kepala TU TPA Koya Koso. Di lokasi tersebut, tim mencatat aksi mitigasi perubahan iklim di pengolahan limbah padat domestik dan pengolahan limbah cair domestik. Data yang dicatat di pengolahan limbah domestik meliputi jumlah timbulan sampah di TPA, jumlah pengolahan limbah padat (kompos) baik di TPA maupun di luar TPA, dan jumlah pengolahan limbah kertas baik di TPA maupun di luar TPA. Di pengolahan limbah cair domestik, tim mencatat jumlah penduduk penggunan IPAL, jumlah penduduk pengguna biodigester, jumlah rumah tangga pengguna biogas, dan volume sedot tinja. 

Di sektor kehutanan, tim menuju ke BPDASHL Memberamo untuk meminta data dan berdiskusi mengenai peningkatan cadangan karbon atau penanaman sebagai aksi mitigasi perubahan iklim yang telah mereka laksanakan. Di kantor BPDASHL Memberamo, tim berdiskusi dengan Pak Catur Hadikusumo, S. P. selaku Manajer Persemaian Permanen BPDASHL Memberamo. Tim lalu berdiskusi mengenai jenis tutupan lahan saat penanaman, jumlah pohon yang ditanam, persentase dominasi pohon, dan keberhasilan penanaman. Berdasarkan pemantauan dokumentasi RHL BPDASHL Memberamo di lokasi petak 34 Cycloop dan 53 Bhayangkara, kegiatan RHL berjalan bagus dengan terdapat pemeliharaan rutin yang melibatkan masyarakat setempat.

Sumber : Ren Giat Bagus Permana, S.Hut

Editor    : Humas_BPPIKHL-MAP

 

Dokumentasi:


 

 

Tags: Inventaris GRK dan Monitoring Pelaporan dan Verifikasi

membagi informasi ini: