Monitoring dan Evaluasi Operasionaliasasi SRN PPI Skema REDD+ di Provinsi Papua Barat

 


BPPIKHLMAP- Pada Selasa 15 Februari 2022, Direktorat IGRK MPV bersama dengan BPPIKHL Wilayah Maluku Papua mengadakan Rapat/Pertemuan Monitoring dan Evaluasi Operasionalisasi SRN PPI Skema REDD+ di Provinsi Papua Barat di Swiss Bell Hotel, Manokwari. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara offline maupun online. Kegiatan diikuti oleh Direktur Utama Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup (BPDLH), Direktur Inventarisasi GRK dan MPV (Ditjen PPI), Direktur Perhimpunan dan Pengembangan Dana, Kasubdit Verifikasi Pengurangan GRK (Dit.IGRK dan MPV), Balai Besar Taman Nasional Teluk Cenderawasih Manokwari, Bidang KSDA Wilayah II Manokwari-BBKSDA Papua Barat, BPHP Wilayah XVI Manokwari, BPDASHL Remu Ransiki, dan Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Kabupaten Manokwari, dan Staf Direktorat Inventarisasi GRK dan MPV.

Kegiatan diawali dengan pembukaan oleh MC, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Tanah Papua dan Pembacaan Doa. Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan oleh Prianto, S.Hut., M.Si. selaku Kepala Balai PPIKHL Wilayah Maluku dan Dr.Ir. Syaiful Anwar, M.Sc, IPU selaku Direktur IGRK dan MPV yang sekaligus membuka kegiatan secara resmi. Kegiatan dilanjutkan dengan sesi foto bersama dengan peserta yang ikut secara offline dan online.

Kegiatan dilanjutkan dengan dua sesi, pada sesi pertama dilangsungkan dengan pemaparan materi mengenai Pelaksanaan REDD+ sebagai Upaya Penurunan Emisi GRK Sektor Kehutanan dan Kegiatan-kegiatan REDD+ yang dapat di Register ke dalam SRN PPI Skema REDD+ yang disampaiakan oleh Budiharto, S.Si. M.Si selaku Kasubdit Verifikasi Pengurangan GRK secara online. Materi selanjutnya dipaparkan secara offline oleh Prianto mengenai Potensi Kegiatan-Kegiatan REDD+ di Wilayah Papua Barat yang dapat Diregister ke dalam SRN PPI Skema REDD+ dan Tantangan yang dihadapi dalam proses Registri. Materi selanjutnya dilakukan pemaparan mengenai mengenai Progres Registri Kegiatan REDD+ di Wilayah Maluku, Papua, Papua Barat dalam SRN PPI Skema REDD+ oleh Dr. Wawan Gunawan, S.Hut, M.Si (Analis Kebijakan Ahli Muda). Pemaparan pada sesi pertama dimoderatori oleh oleh Kepala Seksi Perubahan Iklim (Vemmy Jolanda Wyzer, S.Hut.,M.Si.). Pada pemaparan tersebut juga dilakukan sesi tanya jawab yang dilakukan oleh peserta secara offline dan online.

Pada sesi kedua, kegiatan Kembali dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai Monitoring dan Evaluasi Kegiatan REDD+ dan Kehutanan di Wilayah Maluku, Papua, Papua Barat yang telah diregisterkan ke dalam SRN PPI Skema REDD+ yang disampaikan oleh Lolita Ratnasari, S.Hut selaku anggota Tim Direktorat IGRK dan MPV. Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi masukan terhadap operasionalisasi SRN PPI Skema REDD+ yang dipandu oleh Vemmy

Setelah seluruh pemaparan selesai, Prianto menyampaikan sambutan penutup yang sekaligus menutup secara resmi Rapat/Pertemuan Monitoring dan Evaluasi Operasionaliasasi SRN PPI Skema REDD+ di Provinsi Papua Barat.

 

Sumber: Ren Giat Bagus Permana, S.Hut dan Andis, S.Hut

Editor   : Humas_BPPIKHL-MAP

 

Tags: Inventaris GRK dan Monitoring Pelaporan dan Verifikasi

membagi informasi ini: