LIBATKAN MASYARAKAT DALAM PENCEGAHAN KARHUTLA, INI SOLUSI DARI KLHK

 

Bayung Lencir, 17 Desember 2021. Pencegahan karhutla melalui pelibatan peran aktif masyarakat dilaksanakan dengan pelatihan penyiapan lahan tanpa bakar (PLTB) bagi masyarakat. Pelatihan ini diselenggarakan di Kantor Manggala Agni Daops Sumatera XV/Muba Kec. Bayung Lencir Kab. Musi Banyuasin. 

Pelatihan ini terselenggara atas kerjasama antara Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan Wilayah Sumatera,  Direktorat Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, dengan International Tropical Timber Organization (ITTO). 

Berlangsung selama 2 (dua) hari, pelaksanaan pelatihan ini diselenggarakan pada tanggal 16-17 Desember 2021. Pada pelatihan ini, peserta yang  terdiri dari Masyarakat Peduli Api (MPA) Desa Wonorejo Kec. Bayung Lencir Kab. Muba menerima materi dan praktek langsung dilapangan menyiapkan lahan tanpa bakar (PLTB). Masyarakat juga diberikan bantuan peralatan dan bibit yang langsung ditanam dilokasi demplot PLTB.

Kasi Kebakaran Hutan dan Lahan Balai PPIKHL Wilayah Sumatera Didik Suprijono, mengatakan "pelatihan merupakan sesuatu yang sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat, karena KLHK memberikan solusi kepada masyarakat dalam pencegahan karhutla. Yang selama ini selalu ditanyakan oleh masyarakat jika bertemu dengan anggota Manggala Agni saat mereka melaksanakan patroli'.

Sementara itu, Koordinasi ITTO Fire Project PP-A/56-340-1, Irfan malik menyampaikan "bahwa melalui kegiatan kerjasama ITTO-KLHK menunjukkan Komitmen dari ITTO dalam upaya penanganan kebakaran hutan dan lahan".

Selanjutnya, Ketua Masyarakat Peduli Api Desa Wonorejo Zainuddin mewakili peserta pelatihan mengucapkan terimakasih kepada KLHK-ITTO karena dengan diselenggarakannya pelatihan ini, masyarakat jadi mendapat ilmu bagaimana cara menekan biaya, dalam pembukaan lahan dengan pemanfaatan limbah pembukaan lahan itu sendiri. "Kami Bisa tahu praktek secara langsung bagaimana menggunakan limbah pembukaan lahan menjadi pupuk Arang dan kompos", ucapnya.

 

Teti/Fauzan/Humas Balai PPIKHL  Wilayah Sumatera.

 

 

Tags: Pengendalian Kebakaran Hutan

membagi informasi ini:

SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT