PENINGKATAN KAPASITAS PENYELENGGARAAN IGRK DAN MPV SERTA PENGUATAN PERAN PEMERINTAH DAERAH DALAM PELAPORAN NASIONAL

 

Hai sobat iklim, pada tanggal 15 dan 16 Desember 2021, Balai PPIKHL Wilayah Maluku Papua mengikuti undangan dari Direktorat IGRK dan MPV terkaitkegiatan “Peningkatan Kapasitas Penyelenggaraan IGRK dan MPV Serta Penguatan Peran Pemerintah Daerah Dalam Pelaporan Nasional” di Surakarta, Provinsi Jawa Tengah. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peran Balai PPIKHL tentang pentingnya membangun kualitas pelaporan yang baik secara bottom up guna mendukung pelaporan nasional dan meningkatkan ketrampilan personil Balai PPIKHL dalam menghitung emisi GRK dan penurunan emisi terverifikasi yang menjembatani pemerintah pusat dan daerah.

Pada hari pertama, terdapat tiga sesi yang dilaksanakan. Sesi pertama, peserta mendapatkan pemaparan tentang telaah penyelenggaraan IGRK dan MPV pada tingkat sub nasional, potret terkini emisi dan capaian reduksi emisi GRK di Jawa Tengah, peran OPD dan mekanisme penyediaan data dalam pelaporan IGRK dan aksi perubahan iklim di Surakarta, dan peran dan potensi di kawasan Taman Nasional Gunung Merapi dalam pengendalian perubahan iklim. Lalu di sesi kedua, Kepala BPPIKHL Wilayah Maluku Papua, Prianto, S. Hut., M. Si., berkesempatan menjadi narasumber dalam diskusi perumusan koordinasi pelaksanaan IGRK dan MPV di tingkat region khususnya wilayah Maluku Papua. Terakhir di sesi ketiga, peserta mendapatkan pemaparan mengenai sosialisasi Capacity Building Initiatives For TF dan mengidentifikasi kebutuhan sub nasional.

Lalu pada hari terakhir, panitia memberikan pemaparan mengenai sosialisasi hasil COP 26 Glasgow dan pemetaan kebutuhan level sub nasional melalui exercise SIGN SMART dan SRN serta coaching clinic SIGN SMART dan SRN. Selanjutnya, sebelum acara ini ditutup oleh Direktur IGRK dan MPV, Dr. Ir. Syaiful Anwar, M. Sc., panitia memberikan hasil ringkasan kegiatan selama 2 (dua) hari ini kepada peserta.

Semoga dengan kegiatan tersebut, pelaksanaan IGRK dan MPV di wilayah Maluku Papua bisa berjalan dengan lebih baik.

Sumber : Ren Giat Bagus Permana, S.Hut

Editor    :  Humas_BPPIKHL-MAP

Dokumentasi:



 

Tags: Inventaris GRK dan Monitoring Pelaporan dan Verifikasi

membagi informasi ini: