KLHK-IPB-ITTO LAKSANAKAN SOSIALISASI DAN BIMTEK SIPP KARHUTLA

KALTENG

KLHK bekerjasama dengan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Institut Pertanian Bogor (FMIPA IPB) dan International Tropical Timber Organization ( ITTO) menyelenggarakan sosialisasi dan bimbingan teknis penggunaan Sistem Informasi Patroli Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (SIPP Karhutla) di Provinsi Kalimantan Tengah yang dilaksanakan di Daops Kalimantan I /Palangkaraya, Balai PPIKHL Wilayah Kalimantan (15/11/2021).

SIPP Karhutla ini merupakan salah satu inovasi yang dikembangkan oleh KLHK bekerjasama dengan IPB dan juga ITTO melalui kerjasama System Monitoring and Reporting Technology for Fire Prevention Patrol (SMART Patrol Information System) untuk membantu pelaporan pelaksanaan patroli pencegahan karhutla oleh Manggala Agni di lapangan.

Sosialisasi dan bimbingan teknis dilaksanakan secara tatap muka di Daops Kalimantan I/ Palangkaraya yang diikuti oleh kurang lebih 20 anggota Manggala Agni sebagai tim patroli, admin daops, dan juga admin balai.

Dalam arahannya, Kepala Balai PPIKHL Wilayah KalimantanJohny Santoso menyampaikan bahwa SIPP Karhutla ini pernah disosialisasikan sebelumnya secara online, namun untuk lebih memahami penggunaan sistem informasi ini maka dilakukan sosialisasi dan bimbingan teknis secara langsung oleh tim peneliti dari FMIPA IPB.

“Diharapkan Manggala Agni yang tergabung dalam tim patroli dapat mengikuti sosialisasi dan bimbingan teknis ini dengan serius, dan tahun depan akan benar-benar dipantau pelaksanaan patroli di lapangan melalui SIPP Karhutla ini,” tegas Johny.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Kepala Subdirektorat Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan, Direktorat Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, Anis Susanti Aliati. Anis menjelaskan bahwa sebagai dasar penggunaan SIPP Karhutla ini sudah diterbitkan Peraturan Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim Nomor: P.10/PPI/SET/KUM.1/12/2020 Tahun 2020 tentang Tata Cara Penggunaan Sistem Informasi Patroli Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan.

Koordinator Kegiatan ITTO, Irfan Malik Setiabudi juga menegaskan bahwa ada tiga poin t penting dalam penggunaan SIPP Karhutla ini yaitu untuk memudahkan pelaporan pelaksanaan patroli pencegahan, membangun database yang aman, dan untuk mendukung pengambilan kebijakan dalam pengendalian karhutla.

Sosialisasi dan bimbingan teknis SIPP Karhutla ini disampaikan oleh Ketua Tim Peneliti Pengembangan SIPP Karhutla, Imas Sukaesih Sitanggang. Kegiatan ini merupakan sosialisasi lanjutan di mana sebelumnya pernah dilakukan sosialisasi secara online. Pada kesempatan ini, disampaikan materi pembaruan fitur dan parameter berdasarkan hasil evaluasi dan masukan dari tim patroli di lapangan.

Selain itu, pada kegiatanini juga dilaksanakan sosialisasi Manual Pengukuran Parameter SIPP Karhutla yang disusun oleh Tim dari IPB, KLHK dan ITTO. Manual ini akan menjadi panduan bagi tim patroli dalam menginput setiap parameter dalam aplikasi SIPP Karhutla ini. Sosialisasi disampaikan oleh Lailan Syaufina selaku Ketua Tim Penyusun manual tersebut.

Sosialisasi dan bimbingan teknis ini menjadi langkah awal dalam penggunaan SIPP Karhutla sebagai sistem pelaporan patroli pencegahan karhutla ke depan bagi seluruh tim patroli di lapangan.

Tags: Pengendalian Kebakaran Hutan

membagi informasi ini:

SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT